Pemerintah Tetap Yakin Pertumbuhan Ekonomi di Atas 5%

    Desi Angriani - 20 November 2019 21:46 WIB
    Pemerintah Tetap Yakin Pertumbuhan Ekonomi di Atas 5%
    Ilustrasi. Foto : MI/Irfan.
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai ekonomi Indonesia akhir tahun bisa tumbuh di kisaran lima persen. Pasalnya, pemerintah tengah menggenjot kinerja belanja di kuartal IV-2019.

    "Insya Allah secara agrerat kita bisa mencapai lima persen," ujarnya di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

    Menurutnya, kinerja belanja pemerintah yang merosot di kuratal III akan kembali meningkat di akhir tahun. Hal itu akan berefek pada pertumbuhan ekonomi di kuartal IV.

    "Biasanya nanti belanja negara meningkat di kuartal IV, jadi tentu itu menjadi faktor juga," ungkap dia.

    Ia pun tak khawatir dengan hasil riset JP Morgan yang menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di level 4,9 persen atau di bawah target pemerintah.

    "Kalau prediksi kan boleh-boleh saja, kita melihat survei BPS kan kemarin lima persen di atas sedikit," pungkas mantan Menteri Perindustrian ini.

    Dilansir dalam risetnya yang berjudul Emerging Market Asia Regional Themes and Indonesia Outlook, Rabu, 20 November 2019, JP Morgan memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 4,9 persen tahun ini dan tahun depan.

    Kontribusi konsumsi terhadap pertumbuhan PDB disebut hanya tiga persen. Sementara kontribusi investasi hanya 1,3 persen terhadap pertumbuhan PDB.
     
    "Pertumbuhan yang kurang baik karena belanja modal yang melambat, (bisa diperbaiki dengan) kebijakan pemerintah yang memegang kunci pada 2020," tulis JP Morgan dalam risetnya.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id