Bank Indonesia Diminta Segera Longgarkan GWM

    Husen Miftahudin - 20 Agustus 2019 19:44 WIB
    Bank Indonesia Diminta Segera Longgarkan GWM
    Bank Indonesia (BI) MI/Usman Iskandar.
    Jakarta: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk meminta Bank Indonesia (BI) segera melonggarkan Giro Wajib Minimum (GWM). Pelonggaran GWM bisa mendorong kontribusi kredit perbankan demi pertumbuhan ekonomi secara nasional.

    "Di-review saja, kemudian lihat secara umum. Kalau memang GWM nantinya di-review, ya saya yakin regulator BI akan memperhitungkan hal itu," kata Direktur Manajemen dan Risiko BNI Bob Tyasika Ananta usai menghadiri kuliah umum di Perbanas Institute, Jalan Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 20 Agustus 2019.

    Bob mengakui pelonggaran GWM oleh bank sentral perlu banyak pertimbangan. Utamanya terkait dengan kondisi dan situasi pasar keuangan global dan dalam negeri.

    "Sementara ini likuditas tengah menjadi perhatian kita, tapi bersyukur managable," tuturnya singkat.

    Saat ini rasio kewajiban GWM bank umum konvensional sebesar enam persen dari dana pihak ketiga (DPK). Sementara GWM untuk bank umum syariah/unit usaha syariah sebesar 4,5 persen.

    Sebelumnya, Bank Indonesia mengaku tengah bersiap untuk melakukan relaksasi, baik menambah likuiditas melalui operasi moneter, pelonggaran dengan menurunkan GWM, hingga menurunkan suku bunga acuan atau BI 7-Days Repo Rate.

    Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan pelonggaran kebijakan moneter oleh bank sentral perlu waktu yang tepat. Termasuk melihat apakah ada ruang untuk melakukan pelonggaran kebijakan moneter.

    "Kita sebentar lagi akan melakukan RDG (Rapat Dewan Gubernur). Pak Gubernur (BI/Perry Warjiyo) telah mengatakan room (ruang pelonggaran moneter) ada, jadi tinggal timing-nya," urai Dody pada Senin, 12 Agustus 2019.

    Menurutnya, timing menjadi hal penting untuk meminimalisasi risiko yang timbul atas kebijakan yang diambil Bank Indonesia. Apalagi saat ini risiko masih menjadi momok di tengah perang dagang yang berpotensi masih berlanjut.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id