DJP Diminta Manfaatkan Teknologi Digital untuk Dongkrak Penerimaan

    Eko Nordiansyah - 18 Agustus 2021 16:54 WIB
    DJP Diminta Manfaatkan Teknologi Digital untuk Dongkrak Penerimaan
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memanfaatkan teknologi digital. Upaya ini diharapkan bisa mendorong penerimaan negara tahun ini diproyeksikan mencapai Rp1.142,5 triliun.

    "Saya berharap tentu DJP terus beradaptasi dengan melakukan pembelajaran bagaimana penggunaan data di dalam era teknologi digital yang luar biasa ini," kata dia dalam DJP IT Summit, Rabu, 18 Agustus 2021.

     



    Ia menambahkan, pemanfaatan teknologi digital ini bisa membantu DJP untuk bisa memungut pajak secara adil dan efisien. Pada akhirnya, penerimaan pajak yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian Indonesia.

    Meski begitu, Sri Mulyani mengingatkan DJP agar tetap berhati-hati memanfaatkan data yang dimiliki. Pasalnya meski diharuskan menggali berbagai potensi penerimaan yang ada, namun menjaga kerahasiaan data juga menjadi kewajiban.

    "Penggalian potensi tetap dilakukan, namun pada saat yang sama menjaga privacy, secrecy atau kerahasiaan, dan terus meningkatkan kepercayaan publik kepada Ditjen Pajak," ungkapnya.

    Ia berharap teknologi digital juga tidak hanya membantu mempermudah wajib pajak menjalankan kewajiban perpajakannya. Namun lebih dari itu, Sri Mulyani ingin pelayanan di bidang pajak bisa ditingkatkan sehingga DJP semakin berkembang.

    "Jangan hanya masuk laci saja, jangan hanya selebrasi, namun yang paling penting substansinya bisa kita tangkap dan membuat kita terus berkembang maju ke depan. Jadi saya senang acara ini bisa dilakukan oleh DJP," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id