Sri Mulyani: Kita Tidak Bisa Mengandalkan Utang

    Eko Nordiansyah - 17 September 2020 13:02 WIB
    Sri Mulyani: Kita Tidak Bisa Mengandalkan Utang
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: MI/ Rommy Pujianto
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah tidak bisa mengandalkan utang multilateral semata dalam proses pembangunan Indonesia. Karenanya, sumber daya domestik menjadi sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan tersebut.

    "Kita tidak bisa mengandalkan utang atau menghentikan dukungan dari multilateral atau internasional. Mobilisasi sumber daya penting dalam proses pembangunan di banyak negara ADB, juga termasuk Indonesia sebagai negara anggota," katanya dalam webinar ADB di Jakarta, Kamis, 17 September 2020.

    Di sisi lain, upaya reformasi pajak juga menyediakan peluang agar negara bisa meningkatkan pendapatannya. Namun, reformasi pajak membutuhkan kerja sama di level internasional bersama negara lain.

    "Jika kita akan melakukan reformasi ini, ada sesuatu yang dapat dikontrol oleh negara kita sendiri dalam merancang laporan, tetapi tentunya pertukaran pengalaman dan pengetahuan dan dalam hal ini praktik kebijakan akan menjadi sangat kritis," ungkapnya.

    Sebab itu, kerja sama regional yang diinisiasi oleh ADB akan membantu Indonesia belajar dari negara-negara tetangga. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini pun berharap kerja sama multilateral tersebut bisa dimanfaatkan untuk tujuan pembangunan.

    "Kami tidak bisa sendiri, kami membutuhkan banyak dukungan dan membandingkan diri kami dengan benchmarking kami dengan lembaga multilateral yang efisien seperti IMF, dan ADB. Kami menyambut baik inisiatif ini dan kami sangat menantikan untuk beroperasi dan bergabung dengan inisiatif semacam ini," pungkas dia.  

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id