Sensus Penduduk Online Berakhir

    Media Indonesia - 30 Mei 2020 19:06 WIB
    Sensus Penduduk <i>Online</i> Berakhir
    Ilustrasi sensus penduduk online - - Foto: Antara/ M Risyal Hidaya
    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menutup sensus penduduk daring pada Jumat malam, 29 Mei 2020, pukul 23.59 WIB. Hingga kemarin, sensus yang dimulai sejak 15 Februari 2020 itu telah diikuti 49,1 juta penduduk.

    Jumlah penduduk yang berpartisipasi dalam sensus daring ini hampir mencapai target BPS sebanyak 52 juta orang. "Kita tutup malam ini pukul 23.59. Sampai saat ini, sekitar 49,1 juta," ujar Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono dikutip dari Media Indonesia, Sabtu, 30 Mei 2020.

    Sedianya pelaksanaan sensus daring hanya berlangsung pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Adapun sensus penduduk tatap muka dimulai pada 1 Juli 2020.

    Namun, karena mewabahnya covid-19 di Indonesia, rentang waktu pelaksanaan sensus daring diperpanjang hingga 29 Mei 2020 mengikuti masa tanggap darurat bencana yang ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

    Sementara itu, sensus offline akan dilakukan BPS mulai 1 September 2020 dengan melibatkan sekitar 200 ribu petugas sensus. Pelaksanaan sensus penduduk secara offline, akan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yakni menjaga jarak.

    "Nanti diantar oleh petugas sensus ke rumah secara door to door, termasuk kepada mereka yang sudah berpartisipasi online tapi datanya tidak lengkap. Sensus offline ini akan berjalan satu bulan penuh," sambungnya.


    Pemeriksaan data penduduk secara offline akan dilakukan petugas sensus bersama dengan ketua rukun tetangga (RT) ataupun pengurus lingkungan setempat. Pelibatan unsur ketua lingkungan diperlukan untuk memverifikasi data penduduk. Sensus penduduk ini nantinya dapat digunakan sebagai parameter demografi dan indikator sosial lain yang akan dilakukan pada tahun mendatang.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id