Perppu Keuangan Negara Harus Sejalan dengan Kebijakan Moneter

    Antara - 04 April 2020 17:02 WIB
    Perppu Keuangan Negara Harus Sejalan dengan Kebijakan Moneter
    Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin. Foto: Medcom/ Arga Sumantri
    Jakarta: Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin menilai pelaksanaan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19, harus selaras dengan kebijakan moneter.

    "Perppu harus dibarengi dengan kebijakan moneter dan sektoral yang sesuai, agar dapat mendorong efisiensi waktu dan efektivitas dari kebijakan tersebut," katanya dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, 4 April 2020.

    Menurutnya teknis distribusi realokasi anggaran untuk berbagai sektor yang terdampak mulai dari kesehatan, sosial hingga ekonomi, harus dialokasikan dengan data yang valid dan mutakhir. Dana tersebut mesti tepat sasaran bagi masyarakat yang terimbas covid-19.

    "Koordinasi antara berbagai kementerian dan lembaga terkait juga harus benar-benar dapat diperkuat guna memastikan kelancaran distribusi yang dibutuhkan oleh masyarakat," ungkap dia.


    Sebelumnya, BI mendukung penerbitan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 sebagai relaksasi perundangan dalam memitigasi dampak covid-19 yang merupakan langkah antisipatif bersama pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    "Dalam penanganan dampak covid-19 diperlukan extraordinary measure, kebijakan yang belum diatur atau kebijakan yang melebihi kewenangan yang telah diatur sebelumnya," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam video conference di Jakarta, Rabu, 1 April 2020.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id