Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Semester I Minus

    Eko Nordiansyah - 09 Juli 2020 16:04 WIB
    Sri Mulyani Prediksi Ekonomi Semester I Minus
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: AFP
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada semester I-2020 akan tumbuh negatif. Ekonomi diprediksi berada pada kisaran minus 1,1 sampai dengan minus 0,4 persen pada paruh pertama tahun ini.

    "Semester I-2020 pertumbuhan diproyeksikan minus 1,1 persen sampai dengan minus 0,4 persen," kata dia dalam rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR di Jakarta, Kamis, 9 Juli 2020.

    Perlambatan pertumbuhan ekonomi tak lepas dari dampak negatif akibat pandemi covid-19. Tren penurunan ekonomi global bertransmisi secara cepat ke perekonomian nasional yang menyebabkan gangguan pada sisi demand and supply.

    Menurut Sri Mulyani, terjadi penurunan drastis terhadap perekonomian pada kuartal I-2020 imbas pandemi covid-19. Bahkan ekonomi semakin turun tajam pada kuartal II karena penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran covid-19.

    "Kuartal I sudah terjadi penurunan cukup drastis akibat dari covid-19. Ada penurunan pertumbuhan di kisaran tiga persen, yaitu 2,97 persen. Ini penurunan cukup tajam dibanding rata-rata kita yang biasanya di atas lima persen. Kuartal II diperkirakan akan menurun di minus 3,8 persen atau range minus 3,5 hingga minus 5,1 persen," jelas dia.

    Meski begitu, Sri Mulyani tetap optimistis pertumbuhan ekonomi akan membaik di kuartal III maupun kuartal IV 2020. Hal ini seiring dengan mulai kembalinya aktivitas masyarakat sehingga bisa menjadi pendorong bagi perekonomian di semester II tahun ini.

    "Kuartal III kita harap terjadi pemulihan karena itu diperoyeksi kita bisa mencapai range yang mendekati nol atau positif. Pertumbuhan kuartal III dan IV berkisar antara kuartal III minus satu hingga positif 1,2 persen dan kuartal IV 1,6 hingga 3,2 persen dari pertumbuhan ekonominya," pungkas dia.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id