Kuartal I, Pertumbuhan Ekonomi RI Diprediksi Membaik di Bawah Minus 1%

    Eko Nordiansyah - 23 April 2021 15:03 WIB
    Kuartal I, Pertumbuhan Ekonomi RI Diprediksi Membaik di Bawah Minus 1%
    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto: Antara/ Akbar Nugroho



    Jakarta: Pemerintah memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2021 akan berada di bawah minus satu persen. Ekonomi nasional diperkirakan tumbuh dalam kisaran minus 0,5 persen sampai dengan minus 0,3 persen (yoy).

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, proyeksi ekonomi Indonesia di tiga bulan pertama tahun ini menunjukan pemulihan. Bahkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik dibandingkan proyeksi sebelumnya.






    "Kita lihat bahwa proyeksi kita arahnya ke arah recovery, tentunya kita berharap ada kenaikan dari segi konsumsi, kemudian investasi, pengeluaran pemerintah, maupun dari segi ekspor," katanya dalam video conference di Jakarta, Jumat, 23 April 2021.

    Ia menambahkan beberapa kebijakan yang diambil oleh bertujuan pemerintah agar mampu menjaga kenaikan pemulihan perekonomian nasional. Untuk tahun ini, ekonomi diperkirakan akan tumbuh di kisaran 4,5 persen sampai dengan 5,3 persen.

    Dalam paparannya, Airlangga memperkirakan konsumsi rumah tangga akan berada antara minus 1,5 persen hingga minus 1,3 persen di kuartal I 2021. Sementara untuk konsumsi LNPRT diprediksi tumbuh antara 0,3 persen sampai dengan 0,5 persen.

    Pada kuartal I tahun ini, konsumsi pemerintah diprediksi tumbuh antara 3,3 persen sampai 3,7 persen, investasi (PMTB) masih terkontraksi antara minus 2,2 persen hingga minus dua persen, ekspor tumbuh 7,6 persen, sedangkan impor tumbuh tiga persen.

    "Indeks keyakinan konsumen, maupun terkait penjualan kendaraan bermotor kita lihat di bulan Maret mengalami peningkatan. Kemudian PMI kita sudah positif 53,2, investasi sendiri juga sudah meningkat diharapkan juga lebih tinggi lagi," ungkapnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id