comscore

Presidensi G20 Indonesia Dorong Kolaborasi dan Kerja Sama Semua Negara

Eko Nordiansyah - 24 April 2022 13:46 WIB
Presidensi G20 Indonesia Dorong Kolaborasi dan Kerja Sama Semua Negara
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dokumentasi Panitia Presidensi G20
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20 mendorong semua negara bekerja sama menuju pemulihan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif. Kali ini kondisi perekonomian global dan tensi geopolitik menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi negara anggota G20.
 
"Karena G20 didasarkan pada konsensus, kami berkonsultasi dengan seluruh negara anggota. Mereka percaya dan menginginkan kerjasama, kolaborasi, dan koordinasi. Ini sebenarnya yang mereka ingin untuk dilestarikan, terlepas dari perbedaan," kata dia dilansir dari laman resmi Kemenkeu di Jakarta, Minggu, 24 April 2022.
 
Forum G20 merupakan forum multilateral dengan semangat kerjasama untuk membahas upaya bersama dalam menghadapi permasalahan dunia, termasuk pandemi, perubahan iklim, upaya perlindungan untuk negara miskin dan rentan dari dampak ekonomi global, serta dampak rambatan dari konflik geopolitik. 
 
Sri Mulyani mengungkapkan, praktik tata kelola forum G20 berdasarkan konsensus dan konsultasi dengan tujuan meningkatkan kerja sama di sektor ekonomi dan keuangan terhadap agenda global strategis. Ini tentu saja menjadi fokus Presidensi G20 Indonesia yang mengusung tema 'Recover Together, Recover Stronger'.
 
"Maka, tanggung jawab kita dalam memegang presidensi ini adalah berusaha untuk terus menjalin kolaborasi dan kerja sama yang baik. Mencoba untuk menyelamatkan sepotong aset terpenting di dunia yaitu koordinasi dan kolaborasi," ungkapnya.
 
Sebagai Presidensi G20, Indonesia menjamin penyelenggaraan pembahasan agenda G20 berdasarkan semangat kooperasi dan multilateralisme. Hal ini selaras dengan prinsip konstitusi Indonesia untuk berperan serta dalam ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial sesuai dengan hukum internasional. 
 
"Meski situasi global masih tidak menentu, Presidensi G20 Indonesia terus berupaya mengawal agenda-agenda utama pembahasan untuk mendorong pemulihan ekonomi yang adil, merata, dan berkelanjutan," pungkas dia.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id