comscore

Resesi Bikin RI Kembali Sandang Status Negara Berpendapatan Menengah ke Bawah

M Iqbal Al Machmudi - 11 Februari 2021 15:26 WIB
Resesi Bikin RI Kembali Sandang Status Negara Berpendapatan Menengah ke Bawah
Ilustrasi data perekonomian RI - - Foto: MI/ Panca Syurkani
Jakarta: Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menilai resesi ekonomi menjadi penyebab status Indonesia kembali turun dari negara berpendapatan menengah ke atas (upper middle income) menjadi negara pendapatan menengah ke bawah (lower middle income).

"Apa dampak turun kelas ini? Tidak ada dampak. Justru turunnya status ini terjadi karena kontraksi ekonomi yang kita alami. Kontraksi ekonomi Itu sendiri menyiratkan peningkatan jumlah pengangguran dan penduduk miskin," kata Piter dikutip dari Mediaindonesia.com, Kamis, 11 Februari 2021.
Ia menjelaskan adanya pandemi membuat Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami kontraksi sehingga jumlah pengangguran dan penduduk miskin di Indonesia bertambah. PDB per kapita Indonesia pada 2020 turun menjadi Rp56,94 juta dari sebelumnya Rp59,06 juta di 2019 atau turun dari USD4.174 per kapita menjadi USD3.912 per kapita.


"Alasan yang kedua ialah posisi upper middle income yang diduduki Indonesia sebenarnya hanya tipis di atas batas syarat upper middle income country. Ketika mengalami penurunan PDB sedikit saja, maka langsung turun kelas," ungkapnya.

Namun demikian, penurunan status ke lower middle income hanya bersifat temporer. Ketika pandemi berlalu maka ekonomi perlahan mulai bangkit dan tumbuh normal.

"Pemerintah harus membuka kesempatan atau lapangan kerja yang seluas-luasnya agar masyarakat bisa mendapat pendapatan tetap. Karena kemiskinan dan pengangguran yang berkurang akan menaikkan status Indonesia," pungkas dia.

Perkiraan turunnya status Indonesia tersebut diungkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.
Status Indonesia dari upper middle income yang tercermin dari Gross National Income (GNI) per kapita sebesar USD4.047,6 di 2019, diperkirakan akan turun menjadi lower middle income dengan GNI per kapita sebesar USD3.806,4 di 2020.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id