Baru 79%, Bea Cukai Gempur Target Penerimaan Akhir Tahun

    Desi Angriani - 15 November 2019 12:37 WIB
    Baru 79%, Bea Cukai Gempur Target Penerimaan Akhir Tahun
    Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi. FOTO; Medcom.id/Suci Sedya Utami.
    Labuan Bajo: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) bakal menggempur penerimaan bea dan cukai pada akhir tahun. Pasalnya hingga 12 November 2019, realisasi penerimaan kepabeanan dan cukai baru mencapai 79,24 persen atau Rp165,4 triliun dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    "Penerimaan kita dalam dua tahun terakhir Alhamdulillah selalu lebih dari target. Mudah-mudahan tahun ini kita konsisten mencapai target," kata Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat, 15 November 2019.

    Heru menjelaskan optimisme tersebut merujuk pada lonjakan penerimaan cukai yang biasanya terjadi di akhir tahun. Dia bilang, penerimaan cukai rokok akan meningkat dua hingga tiga kali lipat pada Desember 2019.

    "Pasti penerimaan besar di Desember jadi fluktuasi penerimaan di Desember, kira-kira sekarang itu 2-3 kali lipat dari bulan-bulan biasa," ungkapnya.

    Lebih lanjut, penerimaan sebesar Rp165,4 triliun itu didominasi oleh  realisasi dari sisi cukai sebesar Rp131 triliun, disusul bea masuk sebesar Rp31,4 triliun, dan bea keluar mencapai Rp2,9 triliun.

    Realisasi tersebut masih bisa tumbuh 9,13 persen meski bea masuk minus 5,85 persen dari target Rp38,9 triliun. Angka itu ditutup dari penerimaan cukai tahun lalu yang sebesar 16,75 persen.

    "Memang kita agak menurun di bea masuk dan bea keluar. Tapi kontribusi dari bea keluar itu kecil karena targetnya hanya 4,4 persen. Secara keseluruhan masih ditutupi oleh cukai yang masih besar," tutup dia.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id