Dibanding Negara Lain, Pertumbuhan Ekonomi RI Masih Baik

    Eko Nordiansyah - 05 Februari 2020 17:21 WIB
    Dibanding Negara Lain, Pertumbuhan Ekonomi RI Masih Baik
    Ilustrasi ekonomi indonesia. Foto : MI/MOHAMAD IRFAN.
    Jakarta: Direktur Pelaksana Bank Dunia terpilih Mari Elka Pangestu menilai pencapaian pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2019 masih cukup baik. Dengan pertumbuhan stabil di kisaran lima persen, Indonesia relatif beruntung di tengah kondisi global yang dipenuhi ketidakpastian.

    "Jadi saya rasa kita harus bersyukur dalam keadaan ketidakpastian ini, bahwa kita bisa stabil lima persen. Jadi relatif kepada negara lain, sebenarnya kita masih dalam keadaan yang baik," kata dia ditemui di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.

    Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mencatatkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal empat 2019 sebesar 4,97 persen. Angka tersebut membuat ekonomi Indonesia sepanjang 2019 hanya tumbuh sebesar 5,02 persen.

    Mari optimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini akan lebih baik dari 2019 meski masih di kisaran lima persen. Dirinya menambahkan, faktor ketidakpastian global memang masih akan membayangi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2020 ini.

    "Karena faktor eksternal masih banyak ketidakpastian, kemudian dampak viirus korona. Mungkin dari ketidakpastian perdagangan menurut saya masih ada ya. Banyak hal yang tidak pasti sehingga investasi masih menunggu," jelas dia.

    Saat ini upaya pemerintah melakukan reformasi struktural dan menerbitan omnibus law dinilai sebagai peluang untuk tetap menjaga ekonomi Indonesia. Ditambah dengan berbagai faktor fundamental ekonomi yang tetap terjaga, Mari berharap pemerintah bisa mengimplementasikan rencana kerja yang sudah dibuat.

    "Jelas outcome-nya yang dibilang omnibus law itu harusnya investasi mulai masuk harusnya. Karena fundamental kita yang lain di Indonesia seperti inflasi rendah, koefisiensi gini atau upaya turunkan ketimpangan bagus, proverty juga turun jadi fundamental Indonesia positif. Dan kita punya pasar yang besar itu menjadi positive factor buat Indonesia," pungkasnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id