Sri Mulyani Ungkap Alasan Realisasi Insentif UMKM Masih Kecil

    Eko Nordiansyah - 07 Juli 2020 16:37 WIB
    Sri Mulyani Ungkap Alasan Realisasi Insentif UMKM Masih Kecil
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: AFP
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan alasan mengapa realisasi insentif untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih rendah. Padahal dalam program pemulihan ekonomi nasional pemerintah mengalokasikan Rp123,46 triliun sebagai insentif bagi UMKM.

    Menurut dia, formulasi kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah sejak April sampai dengan Mei memang membutuhkan waktu. Apalagi pemerintah juga harus berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengawasi lembaga keuangan.

    "Kita kerja sama dengan OJK untuk bisa mendapatkan data dari pinjaman (UMKM) baik di bank, mulai bank umum sampai bank syariah dan BPR. Ini memakan cukup waktu untuk identifikasi," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 7 Juli 2020.

    Tak hanya itu, pemerintah juga perlu memformulasikan aturan yang ada di lembaga keuangan non-bank. Setelah formulasinya ditetapkan, bank maupun lembaga keuangan ini melakukan restrukturisasi untuk kemudian memberitahukan kepada para UMKM.

    "Dalam rangka alokasikan subsidi perlu nama, berapa pinjaman, bunga, perlu proses rekonsiliasi melalui sistem informasinya. Sekarang sudah siap semua sekarang optimis dilakukan lebih cepat dan eksekusi Juli," ungkapnya.

    Setelah banyaknya keringanan tadi, pemerintah masih memberi penjaminan kredit modal kerja bagi para UMKM. Pemberian penjaminan ini agar baik lembaga keuangan maupun pelaku UMKM bisa sama-sama bangkit dari dampak negatif pandemi covid-19.

    "Pemerintah memberi katalis dengan kalau beri kredit modal kerja, maka kreditnya ini yang kemungkinan bisa macet tapi kita berharap tidak, kita jamin dengan memberi iuran penjaminan dibayarkan pemerintah yang di Jamkrindo dan Askrindo," pungkas dia.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id