Pemerintah Cari Cara Bantu Masyarakat di Tengah Korona

    Eko Nordiansyah - 20 Maret 2020 17:19 WIB
    Pemerintah Cari Cara Bantu Masyarakat di Tengah Korona
    Warga menunjukkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) - - Foto: Antara/ Ardiansyah
    Jakarta: Pemerintah mencari cara paling efektif untuk membantu masyarakat agar tak terimbas virus korona (covid-19). Untuk masyarakat kelas bawah, pemerintah akan mengandalkan program keluarga harapan (PKH) maupun kartu sembako.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya tengah mempertimbangkan mekanisme penyaluran bantuan. Misalnya dengan menaikkan jumlah penerima PKH ataupun kartu sembako, atau menaikkan manfaat yang bisa diterima.

    "Apakah 10 juta dinaikkan (manfaat yang diterimanya) atau (penerima) naik ke 15 juta dengan benefit yang sama. Kita sedang kaji untuk bisa buat keputusan secara segera," kata dia dalam video conference di Jakarta, Jumat, 20 Maret 2020.

    Jika 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini masing-masing memiliki lima anggota keluarga maka ada 50 juta orang yang bisa dibantu pemerintah. Apalagi setiap KPM pemegang kartu sembaku sebelumnya menerima Rp150 ribu per bulan, kini ditambah menjadi Rp200 ribu.

    "Atau kita juga berikan sembako untuk kartu sembako yang kemarin sudah kita umumkan naik (dana manfaatnya). Ini pilihan safety net untuk sekitar 50 juta masyarakat yang selama ini jadi target dari dua program itu," jelas dia.

    Di samping itu, pemerintah juga memiliki program Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta kartu prakerja yang langsung bisa diakses masyarakat. Tahun ini anggaran KIP Kuliah saja mencapai Rp7,5 triliun, sedangkan untuk kartu prakerja disiapkan dana Rp10 triliun.


    "Belum ditambah KIP yang nanti disampaikan Kemdikbud perbaikan dari sisi targeting dalam rangka respons covid. Tentu dengan kartu prakerja yang akan bantu masuk melakui korban PHK atau pemberhentian temporer untuk bantuan langsung dalam bentuk training," ungkapnya.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id