Selama Covid-19 Merajalela, Skenario Pertumbuhan Ekonomi 2021 Bisa Tertahan

    Eko Nordiansyah - 09 September 2020 16:42 WIB
    Selama Covid-19 Merajalela, Skenario Pertumbuhan Ekonomi 2021 Bisa Tertahan
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: AFP.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan target pertumbuhan ekonomi 2021 sudah mempertimbangkan berbagai aspek. Termasuk penanganan covid-19 di tahun depan juga menjadi pertimbangan dari pemerintah.

    Pada 2021, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi antara 4,5 persen sampai 5,5 persen. Target ini terbilang jauh lebih tinggi dari proyeksi pertumbuhan ekonomi pada 2020 yang berada antara minus 1,1 persen hingga 0,2 persen.

    "Saya sudah sampaikan, 4,5 sampai 5,5 persen (pertumbuhan ekonomi) memang tergantung penanganan covid. Kalau covid dan vaksin masih merajalela, skenario itu akan tertahan atau terancam," kata dia dalam rapat dengan Komite IV DPD di Jakarta, Rabu, 9 September 2020.

    Ia menjelaskan, jika ekonomi tahun ini mengalami kontraksi maka dasar untuk menetapkan target tahun depan menjadi turun. Untuk itu, pertumbuhan ekonomi pada 2021 diharapkan bisa lebih baik sehingga targetnya bisa dicapai.

    "Namun saat kita menghitung, kita lihat semua aspek. Demand, konsumsi kira-kira seperti apa, investasi seperti apa, ekspor seperti apa. Dan belanja pemerintah 2021 dengan APBN itu menyumbang berapa," jelas dia.

    Di samping itu, pemerintah juga melihat sektor mana saja yang diharapkan bisa tumbuh untuk mendorong dari sisi produksi. Apabila ada sektor yang sebelumnya terkontraksi dan tumbuh sedikit saja, berarti sudah menunjukan suatu yang positif.

    "Jadi ini semua yang kita gunakan untuk estimasi. Tapi namanya proyeksi, ada faktor non controllable. Covid ini sendiri kan jadi faktor uncertainty yang tetap kita jaga terus. Dan juga faktor-faktor seperti pemulihan ekonomi dunia," pungkasnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id