Pandemi Jadi Peluang Perkuat Status Negara Menengah Atas

    Antara - 11 Juli 2020 13:14 WIB
    Pandemi Jadi Peluang Perkuat Status Negara Menengah Atas
    Foto: dok MI.
    Jakarta: Indonesia perlu memanfaatkan dua peluang yang muncul dari kondisi pandemi covid-19 dalam rangka memperkuat statusnya sebagai negara berpendapatan menengah atas atau upper middle income country. Di sisi lain, Indonesia juga perlu terus menerus memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu.

    "Ada dua sebenarnya yang menjadi peluang kita, pertama adalah momentum covid-19 ini merupakan waktunya bagi pemerintah untuk melakukan restrukturisasi guna memacu produktivitas industri," ujar Ekonom Universitas Indonesia (UI) Haryadin Mahardika, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 11 Juli 2020.

    Menurut dia, pemerintah perlu melakukan reformasi terkait sektor industri seperti yang awalnya dari sisi kebijakan tidak baik maka kebijakannya diperbaiki, kemudian perizinannya semakin dipermudah, dan sebagainya.

    Peluang lainnya adalah kondisi impor sedang mengalami penurunan akibat pandemi covid-19 sehingga membuat nilai tukar rupiah menguat. Ini merupakan momentum bagi Indonesia untuk mulai membangun industri substitusi impor.

    "Menurut saya momentum pembangunan industri ini adalah sekarang karena ketika kebutuhan industri kembali naik, maka sudah terdapat barang-barang substitusi impor bagi kebutuhan produksi industri yang diproduksi di dalam negeri," ucapnya.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id