2021, Bank Dunia Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI 4,4%

    Eko Nordiansyah - 06 Januari 2021 09:29 WIB
    2021, Bank Dunia Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi RI 4,4%
    Ilustrasi. FOTO: MI/SUMARYANTO
    Jakarta: Bank Dunia memproyeksikan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan tumbuh sebesar 4,4 persen. Proyeksi ini lebih baik dibandingkan dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi di 2020 yang mengalami kontraksi 2,2 persen akibat pandemi covid-19.

    Dinukil dari laporan Global Economic Prospects January 2021 Bank Dunia, perbaikan ini didukung oleh membaiknya ekonomi dunia yang diprediksi tumbuh empat persen. Namun perbaikan ekonomi ini tergantung pada efektivitas pelaksanaan vaksinasi.

    "Ini didasarkan pada peluncuran vaksin yang efektif pada kuartal I-2021 di negara-negara ekonomi besar dan setelahnya pasar berkembang dan ekonomi berkembang yang lebih kecil," tulis Bank Dunia dalam keterangan resminya, Rabu, 6 Januari 2021.

    Di negara ASEAN lainnya, pertumbuhan ekonomi Vietnam diperkirakan menjadi yang paling tinggi yaitu 6,7 persen pada 2021. Sementara pertumbuhan ekonomi Filipina diperkirakan sebesar 5,9 persen dan Thailand tumbuh empat persen pada tahun ini.

    Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Tiongkok diproyeksi sebesar 7,9 persen di 2021. Pemulihan ekonomi di Tiongkok didukung oleh meningkatnya permintaan yang selama ini tertahan, serta dimulainya kembali produksi dan ekspor yang lebih cepat dari perkiraan.

    Meski demikian, aktivitas ekonomi di wilayah Asia Timur Pasifik diharapkan untuk tetap berada di bawah tren pra-pandemi pada akhir 2021. Menurut Bank Dunia, ini akan mencerminkan kerusakan jangka panjang akibat guncangan covid-19.

    "Pemulihan diperkirakan rapuh, dan perwujudan sejumlah risiko penurunan dapat menggagalkan pemulihan yang diproyeksikan. Skenario penurunan dimana peluncuran vaksin ditunda dan pemulihan global lebih lemah," tulis laporan tersebut.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id