Pertumbuhan Ekonomi 2021 Diprediksi Bisa Tercapai, Begini Kuncinya

    Eko Nordiansyah - 24 November 2020 17:14 WIB
    Pertumbuhan Ekonomi 2021 Diprediksi Bisa Tercapai, Begini Kuncinya
    Ilustrasi pertumbuhan ekonomi - - Foto: Medcom
    Jakarta: Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi yang cukup optimistis sebesar lima persen pada 2021. Target tersebut diyakini bisa tercapai jika memenuhi beberapa persyaratan.

    Ekonom Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Ninasapti Triaswati pencapaian target tersebut tergantung pada implementasi strategi pemulihan ekonomi yang sudah disusun pemerintah.

    "Pesoalannya implementasi strategi itu, melalui katakanlah melihat yang mana dulu yang didahulukan dari uang yang terbatas itu," katanya dalam webinar di Jakarta, Selasa, 24 November 2020.

    Sementara itu, pemerintah hanya mengalokasikan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp365,5 triliun untuk 2021. Jumlah tersebut hanya setengah dari alokasi anggaran tahun ini yang mencapai Rp695,2 triliun.

    "Nah kalau itu alokasi di bansos, UMKM, approach (mendorong) konsumsi, saya percaya itu paling baik sebab kesejahteraan rakyat itu di area bansos dan UMKM," ungkap dia.

    Ia menambahkan, saat ini pendapatan masyarakat mengalami tekanan akibat pandemi covid-19. Meski jumlah pengangguran akibat covid-19 hanya 2,56 juta orang, namun data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pekerja yang terdampak mencapai 29 juta orang.


    "Data sederhana, bayangkan di gambaran konsumsi 57 persen konsumsi masyarakat dari struktur PDB kita. Artinya sumber pertumbuhan ekonomi minus 2,2 persen dari konsumsi, yang penting fokus peningkatan konsumsi masyarakat sebab kalau tidak didongkrak, orang enggak akan beli motor," pungkas dia.  

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id