Akhir November, Seluruh Aturan Pelaksana UU Cipta Kerja Bisa Diunduh

    Eko Nordiansyah - 19 November 2020 15:25 WIB
    Akhir November, Seluruh Aturan Pelaksana UU Cipta Kerja Bisa Diunduh
    Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono - - Foto: Medcom/ Desi Angriani
    Jakarta: Pemerintah menargetkan seluruh aturan pelaksana dari Undang-Undang (UU) Cipta Kerja bisa diakses oleh publik pada akhir November 2020. Hingga kini, sudah ada 30 Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) maupun Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres) yang dipublikasikan.

    Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan publikasi tersebut melalui portal resmi uu-ciptakerja.go.id. Hal ini diharapkan mampu menyerap aspirasi dari masyarakat, sehingga UU Cipta Kerja bisa diimplementasikan dengan baik.

    "Kami harap pada akhir bulan semuanya sudah bisa diunduh lewat portal cipta kerja oleh masyarakat, sehingga bisa memberi masukan dan kita bahas bersama antara pemerintah dengan seluruh stakeholder," katanya dalam webinar di Jakarta, Kamis, 19 November 2020.

    Ia menambahkan pemerintah akan mempercepat penyelesaian 40 Peraturan Pemerintah (PP) dan empat Peraturan Presiden (Perpres) yang menjadi aturan pelaksana UU Cipta Kerja. Karena itu, pembahasan di tingkat kementerian/lembaga juga terus dilakukan.

    "Penyusunan peraturan pelaksana Undang-Undang Cipta Kerja yang baik dan implementatif tentu memerlukan koordinasi dan sinergi dari seluruh stakeholder. Baik antara pemerintah dengan masyarakat, dunia usaha, akademisi dan seluruh stakeholder," ungkapnya.

    Menurut dia, sinergi antara seluruh pemangku kepentingan merupakan kunci suksesnya transformasi ekonomi yang menjadi ikhtiar dalam UU Cipta Kerja. Tujuannya untuk mencapai kesejahteraan dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

    "Oleh karena itu dalam membangun sinergi yang baik, kegiatan serap aspirasi seperti ini akan kita dorong dan laksanakan di seluruh Indonesia dengan berbagai tema khusus seperti hari ini tentang perpajakan. Nanti disusul tema terkait ketenagakerjaan, UMKM, dan yang lainnya," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id