Hadapi 3 Tantangan, RI Berpotensi Jadi Pemenang Didukung Bonus Demografi

    Eko Nordiansyah - 19 Oktober 2021 14:34 WIB
    Hadapi 3 Tantangan, RI Berpotensi Jadi Pemenang Didukung Bonus Demografi
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, ada tiga hal yang akan menjadi tantangan perubahan dunia. Ketiga hal ini adalah pandemi covid-19, perubahan iklim (climate change), dan transformasi digital yang akan mempengaruhi kemajuan sebuah negara apakah menjadi pecundang atau pemenang.

    Namun begitu, ia meyakini Indonesia akan mampu beradaptasi dengan ketiga tantangan tadi. Pasalnya, kondisi Indonesia yang secara demografi sebagian besar masyarakatnya merupakan segmen masyarakat muda akan menguntungkan karena bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi secara global.

     



    "Ini menguntungkan kita, karena dengan demografi yang muda mereka relatif lebih mampu beradaptasi, mereka tidak terkunci didalam sebuah mindset dan kekolotan yang menyebabkan kita tidak mampu berubah. Itu suatu adventage," kata dia dalam webinar di Jakarta, Selasa, 19 Oktober 2021.

    Sri Mulyani menambahkan, bonus demografi ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, ia meminta kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menentukan strategi keuangan negara yang bisa mengejawantahkan, menjalankan, dan mencapai tujuan kemajuan negara melalui pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM).

    "Karena memang manusia adalah aset utama, apalagi manusia yang sekarang demografinya masih muda dia adalah menjadi aset yang luar biasa. Apabila kita bisa terus meningkatkan kemampuannya, entah sisi pendidikan, skill, karakter dan value maupun dari sisi kesehatan dan dalam menciptakan sebuah lingkungan dan sistem sosial yang baik," ungkapnya.

    Oleh karena itu, Kemenkeu saat ini juga fokus untuk menggunakan instrumen keuangan negara untuk mendukung reformasi SDM baik melalui pendidikan, kesehatan, maupun jaring pengaman sosial. Ia menyebut, hal ini penting untuk mewujudkan SDM yang relatif demografinya muda ini menjadi benar-benar aset negara yang luar biasa.

    "Ini peranan keuangan negara menjadi penting teman-teman di Kementerian Keuangan tidak hanya mendukung policy, regulasi, dan transformasi reform di bidang pendidikan, kesehatan, jaring pengaman sosial. Namun kita tetap aktif untuk terus berinovasi dari sisi instrumen kebijakan keuangan negara," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id