UU PNBP tak Hanya Optimalkan Penerimaan Negara

    Eko Nordiansyah - 27 Juli 2018 13:56 WIB
    UU PNBP tak Hanya Optimalkan Penerimaan Negara
    Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah). (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menilai disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) menjadi Undang-Undang (UU) akan semakin mengoptimalkan penerimaan negara. Tak hanya itu, pengelolaan PNBP ke depannya akan semakin baik.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pengesahan RUU PNBP juga diperlukan dalam rangka mewujudkan perbaikan kesejahteraan rakyat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, memperbaiki distribusi pendapatan, serta menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk kesinambungan antar generasi.

    "Dengan RUU PNBP ini maka tata kelola akan makin baik. Ini juga sekaligus menjawab salah satu pihak yang menuduh bahwa PNBP hanya untuk memungut masyarakat," kata dia dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Dr Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Juli 2018.

    Dirinya menambahkan, tata kelola PNBP akan semakin baik dengan peningkatan pelayanan pemerintah yang lebih bersih, efisien, profesional, transparan, dan akuntabel. Dengan demikian, masyarakat tidak hanya membayarkan kewajibannya tetapi juga pemerintah memastikan hak bagi masyarakat tetap terpenuhi.

    "Pelaksanaan RUU PNBP yang baru ini nanti akan diikuti dengan penyederhanaan atau pengurangan jenis dan tarif PNBP, khususnya yang berkaitan dengan layanan dasar. Namun tanpa mengurangi tanggung jawab pemerintah untuk tetap menyediakan layanan dasar secara berkualitas," jelas dia.

    Beberapa penyempurnaan pokok dalam RUU PNBP adalah pengelompokan objek, pengaturan tarif, tata kelola, pengawasan, dan hak wajib bayar. Objek PNBP dibagi dalam enam klaster, yaitu pemanfaatan sumber daya alam, pelayanan, pengelolaan kekayaan negara dipisahkan, pengelolaan barang milik negara, pengelolaan dana, dan hak negara lainnya.

    "Pengklasteran ini digunakan sebagai pedoman untuk menetapkan jenis dan tarif PNBP guna mengoptimalkan penerimaan negara yang berasal dari PNBP dengan tetap memperhatikan karakteristik masing-masing objek, prinsip keadilan, dan menjaga kualitas layanan pada masyarakat," pungkasnya.

     



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id