Indonesia Sempat Alami Tren Percepatan Pemulihan Ekonomi di Kuartal II

    Eko Nordiansyah - 21 Juli 2021 17:03 WIB
    Indonesia Sempat Alami Tren Percepatan Pemulihan Ekonomi di Kuartal II
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, pemulihan ekonomi Indonesia sempat mengalami tren percepatan pada kuartal II-2021. Salah satu pendorongnya adalah meningkatkan aktivitas konsumsi masyarakat pada periode tersebut.

    "Aktivitas di bidang konsumsi dilihat dari berbagai indikator yang menunjukkan akselerasi yang sangat-sangat kuat," kata dia dalam video conference, Rabu, 21 Juli 2021.

     



    Pertama, Sri Mulyani mengatakan, indeks keyakinan konsumen sampai dengan Juni mencapai 107,4 yang menunjukan zona positif. Bahkan sejak April 2021, indeks keyakinan konsumen ini sudah mengalami perbaikan dibandingkan level 84,8 pada April tahun lalu.

    "Jadi ini adalah suatu recovery baik, rebound karena baseline-nya rendah maupun karena masyarakat sudah mulai menunjukkan optimismenya pada kuartal II April hingga Juni," jelas dia.

    Kedua, indeks penjualan ritel sampai dengan Mei tahun ini juga melonjak di level 225,6 atau naik 14,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ini dinilai Sri Mulyani sebagai optimisme dari konsumen yang dipengaruhi situasi penanganan pandemi.

    Selain itu, ia menambahkan, penjualan mobil secara ritel juga mengalami kenaikan 120,3 persen pada Juni 2021 secara year on year. Sementara dibandingkan bulan sebelumnya, penjualan mobil naik 2,5 persen yang diharapkan bisa berdampak kepada perekonomian.

    Di sisi lain, pemerintah juga melakukan percepatan realisasi belanja negara untuk mendorong pemulihan ekonomi. Hingga semester I-2021, realisasi belanja negara telah mencapai 42,5 persen dari target atau naik 9,4 persen dibandingkan semester I tahun lalu.

    "Artinya mesin pemulihan dari APBN dan dari konsumen itu bergerak seiring dan sangat kuat pada kuartal II. Di sisi investasi atau produksi, ini terlihat juga tren yang sama. Kegiatan produksi dan bahkan investasi tidak hanya dari modal kerja tapi juga dari capital spending atau belanja modal di level investasi," pungkasnya.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id