comscore

Hari Oeang Jadi Simbol Pemersatu Bangsa dan Identitas Kemerdekaan Indonesia

Eko Nordiansyah - 30 Oktober 2021 16:21 WIB
Hari Oeang Jadi Simbol Pemersatu Bangsa dan Identitas Kemerdekaan Indonesia
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Kementerian Keuangan memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-75 pada 30 Oktober 2021. Dalam Upacara Peringatan HORI, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengajak seluruh jajaran Kementerian Keuangan untuk melakukan refleksi, melihat sejarah dari Kementerian Keuangan, serta menarik pelajaran yang berharga dari situasi di masa lalu.
 
"Setiap 30 Oktober, kita memperingati Hari Oeang dan mengingat detik-detik ketika Oeang Republik Indonesia (ORI) pertama kali dikeluarkan. Momen diterbitkannya ORI adalah momen yang menjadi simbol pemersatu bangsa sekaligus lambang identitas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia di mata dunia," kata dia dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Baca: 30 Oktober Diperingati sebagai Hari Oeang, Begini Sejarahnya


Tema dari peringatan HORI tahun ini 'Pulihkan Ekonomi, Wujudkan Kemenkeu Satu yang Terpercaya Menuju Indonesia Unggul dan Tangguh' dinilai relevan dan mencerminkan kondisi dan harapan Indonesia. Kemenkeu sebagai institusi pengelola keuangan negara harus selalu optimistis dan bekerja mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia menjadi bangsa yang makmur dan sejahtera.
 
Suahasil menyampaikan, saat ini Indonesia menghadapi tugas dan tantangan yang bukan saja dari domestik, tetapi juga tantangan dan pekerjaan besar di dunia internasional. Indonesia akan menjadi Presiden G20 pada 2022 dan Ketua ASEAN pada 2023 mendatang, sehingga semua pihak harus bersiap membawa nama Indonesia.

"Ini adalah tantangan besar kita, di samping tantangan-tantangan lain dari dunia internasional. Kita harus aktif membawa nama Indonesia dan merumuskan terus posisi di Indonesia dan peran Indonesia dalam kancah dunia internasional," ujar dia.
Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan secara langsung tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya kepada empat orang pegawai Kemenkeu yang memiliki prestasi kerja yang baik, serta memberikan Satya Lencana Karya Satya kepada perwakilan dari 5.615 pegawai yang telah mengabdi kepada negara selama 10, 20, dan 30 tahun.

Ia berharap tanda kehormatan tersebut tidak saja menjadi kebanggaan pribadi, namun kemudian tentu harus direfleksikan dan dicerminkan dalam sikap, prestasi, dan diteladani oleh seluruh pegawai. Suahasil juga mengajak seluruh pegawai Kemenkeu untuk mempersembahkan kinerja terbaik dalam mengemban amanah sebagai punggawa keuangan negara.
 
"Tetap yakin, tetap optimistis, tetap bersemangat mengawal pemulihan ekonomi. Terus kerja keras, terus kerja cerdas, dan teruslah bekerja dengan ikhlas. Kuatkan integritas kita, kuatkan kompetensi, wujudkan Kemenkeu Satu yang terpercaya. Dengan izin dari Tuhan Yang Maha Kuasa, kita akan mampu mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang unggul dan tangguh," pungkasnya.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id