comscore

Setoran ke Negara dari Hasil Panas Bumi Capai Rp1,92 Triliun di 2021

Antara - 17 Januari 2022 15:30 WIB
Setoran ke Negara dari Hasil Panas Bumi Capai Rp1,92 Triliun di 2021
Ilustrasi proyek panas bumi Indonesia - - Foro: Medcom/ Eko Nordiansyah
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumpulkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pengelolaan panas bumi sebesar Rp1,92 triliun sepanjang 2021.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Dadan Kusdiana mengatakan capaian itu sekitar 134,1 persen dari rencana yang ditetapkan tahun lalu sebesar Rp1,43 triliun.
"Penerimaan negara yang berasal dari pengelolaan panas bumi targetnya adalah Rp1,4 triliun dan capaiannya adalah Rp1,9 triliun. Dari sisi capaian ini melampaui target 134 persen," ujarnya dalam konferensi pers, Senin, 17 Januari 2022.

Ini 6 faktor yang memengaruhi realisasi PNBP panas bumi:

  1. Optimalisasi biaya pengembangan panas bumi
  2. Tidak terlaksananya kegiatan perencanaan
  3. Realisasi biaya operasi yang lebih kecil dari rencana
  4. Amendemen kenaikan harga jual listrik
  5. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS
  6. Pencadangan saldo PPN reimbursement yang tidak terealisasi
PNBP panas bumi tersebut sebagian besar berupa 97 persen bersumber dari wilayah kerja panas bumi existing berupa setoran bagian pemerintahan, sedangkan pemegang izin panas bumi berkontribusi tiga persen untuk PNBP.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, jumlah kapasitas terpasang pembangkit listrik tenaga panas bumi di Indonesia mencapai 2,27 gigawatt. Pemerintah pun menargetkan angka realisasi investasi panas bumi tahun ini bisa mencapai USD0,95 miliar.

Dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), pemerintah akan mendorong pemanfaatan panas bumi untuk menghasilkan listrik berkapasitas 7,24 gigawatt pada 2025, kemudian bertambah menjadi 9,3 gigawatt pada 2035.

Sabuk sirkum pasifik atau lingkaran api pasifik yang membentang dari Aceh sampai Papua telah menciptakan 127 gunung api aktif yang dapat menjadi bahan baku energi bersih dari panas bumi. Saat ini, Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara dengan sumber daya panas bumi dan kapasitas terpasang listrik vulkanik terbesar di dunia, setelah Amerika Serikat.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id