comscore

Sri Mulyani Berharap Gaji ke-13 Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

Eko Nordiansyah - 28 Juni 2022 19:28 WIB
Sri Mulyani Berharap Gaji ke-13 Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Kementerian Keuangan. Foto: Medcom.id.
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap pemberian gaji ke-13 bisa menambah berbagai bantuan sosial yang telah disalurkan dalam rangka pemulihan ekonomi. Menurutnya, pemberian gaji ke-13 ini dilakukan juga untuk mendorong daya beli masyarakat.

Ia mengungkapkan gaji ke-13 diberikan pada Juli atau menjelang tahun ajaran baru. Sri Mulyani menilai, pencairan ini merupakan wujud penghargaan atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara dan para pensiunan dalam menangani kondisi pandemi.
 
baca juga: Cair Juli, Pemerintah Rogoh Rp35,5 Triliun untuk Gaji ke-13

"Kita mengharapkan dengan adanya THR dan gaji ke-13 percepatan pemulihan ekonomi nasional akan semakin didorong dengan menambah daya beli masyarakat, khususnya menjelang tahun ajaran baru," kata dia dalam video conference, Selasa, 28 Juni 2022.
Sri Mulyani menambahkan saat ini pemulihan ekonomi nasional terus berjalan terlihat dari semakin menguatnya penerimaan negara. Meski di sisi lain menghadapi guncangan akibat situasi global, namun pemerintah juga mendapat 'berkah' dari kenaikan harga komoditas.

"Untuk tahun ini seiring pemulihan ekonomi yang semakin menguat dan juga adanya penerimaan negara yang cukup baik diakibatkan pemulihan ekonomi yang menguat, serta adanya kenaikan harga-harga komoditas, maka situasi APBN kita juga mulai berangsur lebih baik," ungkapnya.

Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp35,5 triliun untuk pembayaran gaji ke-13 yang rencananya akan dicairkan mulai Juli mendatang. Ini terdiri dari gaji ke-13 sebesar Rp11,5 triliun bagi para ASN di kementerian/lembaga, termasuk TNI/Polri.

Untuk ASN di pemerintah daerah, alokasi sebesar Rp15 triliun melalui dana alokasi umum (DAU), serta dapat ditambah sesuai dengan kemampuan APBD masing-masing. Sedangkan dari Bendahara Umum Negara (BUN) disediakan Rp9 triliun untuk para pensiunan.

Jika dirinci, pencairan gaji ke-13 ini diberikan kepada aparatur negara di pemerintah pusat termasuk TNI/Polri sebanyak 1,79 juta pegawai, aparatur negara di pemerintah daerah 3,65 juta pegawai, serta para pensiunan yang mencapai 3,32 juta jiwa.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id