Pemulihan Ekonomi Cegah Kenaikan Jumlah Penduduk Miskin

    Media Indonesia - 04 Juni 2020 22:04 WIB
    Pemulihan Ekonomi Cegah Kenaikan Jumlah Penduduk Miskin
    Ilustrasi penduduk miskin - - Foto: dok MI
    Jakarta: Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menilai pemulihan ekonomi akan mencegah bertambahnya jumlah penduduk miskin di Indonesia. Hal ini menyusul prediksi Bank Dunia terkait jumlah penduduk miskin yang meningkat 9,6 juta orang akibat pandemi covid-19.

    "Menurut saya itu sudah langkah yang betul, hanya protokol kesehatannya yang harus betul-betul dipenuhi dan perketat," ujar Hariyadi dikutip dari Media Indonesia, Kamis, 4 Juni 2020.

    Menurutnya pemulihan dan penyelamatan ekonomi sulit terjadi dalam waktu sekejap. Tidak ada sektor usaha yang dominan ataupun dapat berkontribusi besar dalam pemulihan ekonomi untuk menghindari jatuhnya pertumbuhan ekonomi nasional.
     
    Satu-satunya jalan terbaik yang dapat dilakukan hanyalah kembali menggerakkan aktivitas manusia agar perekonomian berputar. "Susah kalau kita lihat 2020 ini sudah pertengahan tahun dan situasi sudah seperti ini. Sedangkan pemulihan itu memakan waktu," imbuh dia.

    Bila aktivitas ekonomi kembali berjalan, dia memprediksi sektor usaha perdagangan akan yang paling cepat tumbuh. Pasalnya sektor usaha perdagangan umum selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memiliki stok produksi dan dapat diperjualbelikan kembali saat aktivitas ekonomi kembali berjalan.

    Namun terdapat tantangan bagi para produsen ketika dimulainya kembali aktivitas ekonomi. Sebab, mereka yang telah terpukul pandemi covid-19 mayoritas tidak memiliki modal kerja.

    "Stimulus pemulihan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah juga belum mencakup modal kerja bagi produsen maupun pelaku usaha. Sehingga hal itu harusnya dipertimbangkan oleh pengambil kebijakan bila ingin geliat ekonomi kembali hidup," pungkas dia.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id