Sri Mulyani: Pengalihan Eselon III dan IV Bukan Hukuman tapi Hadiah

    Eko Nordiansyah - 29 November 2019 19:42 WIB
    Sri Mulyani: Pengalihan Eselon III dan IV Bukan Hukuman tapi Hadiah
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan perpindahan posisi untuk jabatan di eselon III dan IV bukan merupakan hukuman. Menurutnya, mereka yang dipindah penugasannya justru diharapkan bisa mengembangkan diri.

    "Ini bukan hukuman tapi hadiah. Anda melakukan analisa kebijakan dalam rangka perbaikan kebijakan di lingkungan Kementerian Keuangan," kata dia di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat, 29 November 2019.

    Sebanyak 112 orang yang sebelumnya menjabat sebagai eselon III dan IV dialihkan menjadi pejabat fungsional analis kebijakan. Mereka termasuk 179 pejabat eselon III dan IV serta fungsional di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu.

    "Jadi ada tolok ukur, target, hasilnya yang diharapkan berikan manfaat bagi kemampuan kita formulasikan kebijakan keuangan negara secara makin baik. Tidak hanya responsif, juga antisipatif," lanjut dia.

    Dirinya menambahkan, kondisi ekonomi global dan regional perlu menjadi perhatian dalam mengambil kebijakan. Tak hanya itu, kebijakan yang diambil perlu harus merepresentasikan aspirasi masyarakat, mempertimbangkan kendala, sampai melihat sumber daya yang ada.

    Setelah kebijakan diformulasikan, Sri Mulyani berharap jajarannya bisa menjalankan kebijakan tersebut sehingga hasilnya nyata. Meskipun dalam menjalankan kebijakannya, Kemenkeu harus bersinggungan dengan kebijakan yang ada di lingkungan pemerintahan lainnya.

    "Oleh karena itu, harus detail ke tidak hanya what, tapi how. Di sini kelebihan dari seluruh analis kebijakan di lingkungan Kemenkeu karena Anda sudah mengenal lingkungan institusi birokrasi. Jadi kalau Anda memikirkan sesuatu, Anda bisa berpikir apakah bisa jalan atau tidak," pungkasnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id