Virus Korona Bisa Pengaruhi PDB Indonesia

    Nia Deviyana - 28 Januari 2020 17:00 WIB
    Virus Korona Bisa Pengaruhi PDB Indonesia
    Ilustrasi. Foto : MI/MOHAMAD IRFAN.
    Jakarta: Merebaknya virus korona dikhawatirkan bakal berdampak pada perekonomian global. Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Asuaibi mengatakan banyak negara yang akan terpengaruh termasuk Indonesia yang Pendapatan Domestik Bruto (PDB)-nya akan turun di bawah lima persen.

    "Ini karena Tiongkok merupakan negara tujuan ekspor utama Indonesia, sehingga pemerintah dan BI harus kembali melakukan intervensi sesuai dengan wewenang masing-masing," ujar Ibrahim melalui catatan hariannya yang dikutip Medcom.id, Selasa, 28 Januari 2020.

    Ibrahim menilai langkah yang dilakukan pihak berwenang Tiongkok untuk mengekang penyebaran virus sudah baik. Otoritas setempat bahkan memberlakukan pembatasan keras pada perjalanan dan pergerakan orang ke luar Tiongkok.

    "Banyak kota Tiongkok dengan populasi besar di provinsi Hubei tengah sudah dikunci. Sejumlah orang Tiongkok juga membatalkan rencana perjalanan selama Tahun Baru Imlek, biasanya musim pariwisata tersibuk, tapi tahun ini bisnis di banyak kota tutup," jelasnya.

    Bank Dunia pada 2020 memprediksi PDB Tiongkok akan dikisaran enam persen. Namun, PDB Negeri Tirai Bambu itu bisa saja turun di level 4,5 persen apabila tidak ada penanganan serius terhadap virus ini.

    Sejauh ini, pasar di Tiongkok dan Hong Kong masih diliburkan menyusul laporan otoritas kesehatan Tiongkok yang merilis virus korona sudah menewaskan 106 orang dan menginfeksi 4.515 orang.
     
    Sementara itu, pertumbuhan PDB Indonesia juga akan dipengaruhi faktor eksternal lainnya seperti pertemuan pejabat AS dengan The Fed, yang akan menentukan apakah kebijakan suku bunga tidak akan berubah tahun ini.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id