DJP Tunggu Omnibus Law Perpajakan untuk Tarif Pajak Netflix

    Eko Nordiansyah - 25 November 2019 22:06 WIB
    DJP Tunggu <i>Omnibus Law</i> Perpajakan untuk Tarif Pajak Netflix
    Ilustrasi. Foto : Medcom.
    Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan akan segera merampungkan ketentuan omnibus law perpajakan. Aturan besar soal pajak ini akan digunakan oleh DJP untuk bisa menarik pajak dari perusahaan digital internasional seperti Amazon, Google, Netflix, hingga Facebook.

    Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan aturan yang ada saat ini tidak memungkinkan pemerintah menarik pajak dari subjek di luar negeri. Padahal saat ini banyak perusahaan internasional yang mendapatkan penghasilan dan penjualan dari orang-orang Indonesia.

    "Makanya dengan omnibus kita minta tolong 'hey kamu tolong pungutin' meskipun orangnya di luar," kata Suryo dalam diskusi di kawasan Senayan, Jakarta, Senin, 25 November 2019.

    Dirinya menjelaskan siapapun yang menjual barang di Indonesia diharuskan membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di dalam negeri. Apalagi barang atau jasa yang dijual secara digital tidak bisa dipantau seperti halnya barang yang fisiknya diimpor melalui pelabuhan atau bandara.

    "Jadi kenapa kita membuat pilar di omnibus mengenai pemungutan PPN oleh yang ada di luar negeri, Karena luar negeri by UU bukan subjek pajak kita, kalau barang jelas lewat (Tanjung) Priok dan (bandara) Soekarno-Hatta, kalau beli jasa beli film kan langsung (secara digital)," jelas dia.

    Selain itu, karena perusahaan tersebut mendapatkan penghasilan dari aktivitas di dalam negeri, maka mereka juga dikenakan pajak penghasilan (PPh). DJP berharap siapapun yang mendapatkan penghasilan di Indonesia akan diwajibkan membayar pajak di Indonesia.

    "Nah lewat omnibus nanti kita lihat diskusinya seperti apa. Tapi secara prinsip kita ingin fair play. Siapa yang membeli, harus membayar. Siapapun yang menghasilkan di Indonesia, harus bayar. Itu saja intinya," pungkas dia.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id