Ekonomi Syariah Berpeluang Perbaiki Struktur Neraca Transaksi Berjalan

    Rizkie Fauzian - 03 Agustus 2019 08:33 WIB
    Ekonomi Syariah Berpeluang Perbaiki Struktur Neraca Transaksi Berjalan
    Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)
    Palembang: Meski mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim, namun perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air dinilai masih minim. Padahal kinerja ekonomi dan keuangan syariah dunia memperlihatkan potensi yang besar dan diperkirakan mencapai USD6,72 triliun pada 2023.

    "Ekonomi dan keuangan syariah mempunyai potensi besar baik sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru maupun untuk memperbaiki struktur neraca transaksi berjalan," ungkap Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo, di Palembang, Jumat, 2 Agustus 2019.

    Penguatan model bisnis halal value xhain akan menjadi salah satu fokus Bank Indonesia untuk menjawab tantangan mengenai permasalahan defisit transaksi berjalan. Melalui model bisnis ini, BI tidak hanya mendorong keterhubungan antara local value chain dari pengembangan usaha syariah di domestik, namun juga global.

    "BI melakukan program pendampingan terhadap usaha syariah berbasis komunitas sebagai produsen bersana bahan baku/setengah jadi (intermediate input) yang meliputi aspek peningkatan standar kualitas, packaging, branding, design, legalitas dan marketing," jelasnya.

    Selain itu, BI juga telah mengembangkan dan mengimplementasikan program optimalisasi dana zakat, infaq, sadaqah, dan wakaf (ZISWAF) untuk pengembangan berbagai sektor produksi bekerja sama dengan lembaga amil zakat dan komunitas masyarakat desa.

    ZISWAF jika dikelola dengan tepat akan dapat berperan aktif dalam mewujudkan distribusi pendapatan dan distribusi kesempatan, serta pemberdayaan masyarakat secara inklusif.

    "Dengan terwujudnya peningkatan taraf hidup dan penambahan produktifitas khususnya sektor pangan diharapkan dapat membantu menjaga kestabilan harga pangan yang pada akhirnya akan menurunkan impor dan defisit transaksi berjalan," pungkas Dody.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id