Indonesia Pindah ke Rezim Pajak Teritorial

    Desi Angriani - 04 September 2019 09:14 WIB
    Indonesia Pindah ke Rezim Pajak Teritorial
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: Dok MI
    Jakarta: Indonesia selama ini menganut rezim pajak worldwide atau mengenakan pajak tanpa memerhatikan sumber penghasilan baik dari dalam maupun luar negeri. Rezim itu akan diubah menjadi konsep teritorial khusus bagi Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP).

    Menteri Keuangan Sri Mulyani menerangkan sistem pajak teritorial hanya mengenakan pajak atas penghasilan yang bersumber atau dianggap bersumber dari negara/yurisdiksinya. Sementara itu, penghasilan yang bersumber dari luar negara tersebut (foreign income), tidak dikenakan pajak.

    "Kemudian untuk PPh WPOP, kami akan menerapkan perubahan rezim perpajakan dari worldwide jadi teritorial," ungkap Ani sapaannya di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 3 September 2019.

    Dalam RUU perpajakan baru, lanjutnya, pengenaan pajak dengan konsep teritorial dihitung berdasarkan lama waktu yang ditetapkan pemerintah. Cut of date subjek pajak pribadi ditetapkan 138 hari. Di bawah itu, mereka akan masuk ke dalam konsep world wide.

    "Cut of date-nya 138 hari dan terhadap subjek pajak itu akan dikenakan rezim pajak teritorial," terang dia.

    Staf Ahli bidang Kepatuhan Pajak Suryo Utomo menambahkan bagi warga Indonesia yang menetap di luar negeri lebih dari 183 hari tidak wajib melaporkan SPT. Hal tersebut juga berlaku bagi warga negara asing yang tinggal di Indonesia melebih batas waktu yang ditentukan.

    "Tapi kalau dia pun masih retain sebagai wajib pajak, gak masalah. Tapi kita bikin clear aja," kata Suryo.

    Adapun sejak 2009 negara-negara maju mulai mengubah alur rezim perpajakan dari worldwide menjadi teritorial. Misalnya Australia, Beligia, Kanadam Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Inggris, dan sejumlah negara eropa telah menerapkan asas teritorial.

    Sementara itu, Cile, Yunani, Israel, Korea, Meksiko dan Polandia masih menerapkan konsep worldwide termasuk Indonesia. Namun dalam prakteknya, tak ada negara yang betul-betul menerapkan kedua konsep itu secara sempurna.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id