Sri Mulyani Jamin Pengelolaan Utang Agar Tak Jadi Masalah

    Eko Nordiansyah - 04 November 2020 14:21 WIB
    Sri Mulyani Jamin Pengelolaan Utang Agar Tak Jadi Masalah
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: AFP
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjamin pemerintah akan benar-benar menjaga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Termasuk pengelolaan utang yang menjadi bagian dalam pengelolaan APBN tersebut.

    "APBN harus dijaga. Masalah utang, masalah persoalan yang harus dijaga, no matter what. Pengalaman banyak negara, tidak menggunakan instrumen APBN secara kesinambungan, dia bisa menjadi sumber masalah," kata dia dalam webinar Simposium Nasional Keuangan Negara (SNKN) 2020 di Jakarta, Rabu, 4 November 2020.

    Ia menegaskan APBN merupakan salah satu instrumen untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mencapai tujuan bernegara, yaitu mencapai masyarakat yang adil, sejahtera, dan kesinambungan. Namun penggunaan APBN harus tetap dilakukan secara hati-hati.

    "Waktu negara berikhtiar, kita menghadapi situasi yang tidak terlalu mudah, distributif, climate change, industri digital, dan pandemi, yang menghadirkan shock ke lingkungan, yang mengharuskan untuk direspons," jelas dia.

    Pada tahun ini, pemerintah memutuskan untuk melebarkan defisit APBN menjadi 6,34 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau sekitar Rp1.039,2 triliun. Akibatnya pemerintah melakukan pembiayaan utang tahun ini sebesar Rp1.220,5 triliun.

    Sementara hingga akhir September 2020, utang pemerintah tercatat sebesar Rp5.756,87 triliun. Utang pemerintah mengalami kenaikan Rp161,94 triliun dari bulan sebelumnya sebesar Rp5.594,93 triliun, dengan rasio 36,41 persen terhadap PDB.

    Rasio utang pemerintah terbilang masih aman. Pasalnya utang masih jauh dari batas yang diperbolehkan dalam Undang-Undang (UU) Keuangan Negara, yaitu maksimal 60 persen dari PDB. 

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id