Kuartal III-2020, Ekonomi Indonesia Sudah Masuk Normalisasi

    Annisa ayu artanti - 12 November 2020 19:20 WIB
    Kuartal III-2020, Ekonomi Indonesia Sudah Masuk Normalisasi
    Ekonomi Indonesia. Foto : MI.
    Jakarta: Indonesia dinilai sudah mulai memasuki fase normalisasi ekonomi. Hal itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi secara kuartalan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 sudah lebih baik dibandingkan dengan kuartal II-2020. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) produk domestik bruto atau PSB RI pada kuartal III-2020 mulai tumbuh 5,05 persen.

    "Realisasi PDB di kuartal III ada tanda-tanda normalisasi ekonomi. Makannya kita harus lihat angka quartal on quartal," kata Chief Economist Citi Indonesia Helmi Arman dalam konferensi pers virtual, Kamis, 12 November 2020.

    Helmi menjelaskan dirinya juga setuju bahwa pada periode ini pembalikan ekonomi sudah terjadi. Sebab, sama halnya dengan negara-negara lain di berbagai belahan dunia. Setelah melakukan pembatasan wilayah atau lockdown untuk mengurangi penyebaran covid-19, mereka mulai membangun ekonominya kembali.

    "Setelah di kuartal II ada lockdown sejauh mana kita sudah membaik dan menuju normalisasi kegiatan ekonomi. Sehingga kita hanya memperhatikan angka year on year dari angka PDB tersebut tapi kita juga harus perhatikan quartal on quartal," tuturnya.

    Lebih lanjut mengenai proyeksi full year 2020, Helmi menuturkan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan minus. Kondisi pandemi diakuinya menjadi hal yang membuat sulit dalam menentukan proyeksi karena deviasi bisa sangat besar.

    "PDB tahun ini secara full year akan lebih rendah 1,9 persen dibandingkan 2019," sebutnya.

    Sedangkan untuk tahun depan ia optimistis bahwa PDB sudah mulai positif yakni mencapai empat persen.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id