Diskon PPnBM Mobil Justru Tambah Penerimaan Pajak Lainnya

    Eko Nordiansyah - 22 April 2021 13:34 WIB
    Diskon PPnBM Mobil Justru Tambah Penerimaan Pajak Lainnya
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Pemerintah memberikan insentif potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor mulai Maret 2021. Namun pemberian diskon pajak ini tidak akan mengurangi penerimaan, karena dinilai akan membuka penerimaan pajak lainnya.

    Kepala Subdirektorat Peraturan PPN Industri Direktorat Peraturan Perpajakan I DJP Josephine M. Wiwiek mengatakan, banyaknya mobil yang terjual karena adanya diskon pajak ini membuka penerimaan pajak lain. Misalnya, saja peningkatan penerimaan pajak kendaraan di daerah.






    "Nanti berefek juga dengan pajak kendaraan bermotor di daerah. Jadi jumlah kendaraan bermotor baru akan banyak sehingga pajak daerah akan meningkat juga," kata dia dalam webinar Kemenkeu Corpu Talk, Kamis, 22 April 2021.

    Ia menambahkan, penerimaan PPnBM sendiri tidak akan mengalami penurunan karena pajaknya tetap dibayar oleh pemerintah. Artinya, meski secara jumlahnya dikurangi namun, dengan volume kendaraan yang meningkat maka penerimaan juga meningkat.

    "Kemudian jenis pajak lain Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 otomatis akan meningkat karena semakin banyak pekerja yang terlibat dalam pabrikan tersebut, semakin banyak PPh 21 yang banyak diterima oleh pajak. Karena PPh 21 tadi walaupun ditanggung pemerintah itu dicatat sebagai penerimaan," jelas dia.

    Tak hanya itu, Wiwiek menyebut, dampak lain yang ditimbulkan dari pulihnya pabrikan otomotif adalah bergulirnya ekonomi di daerah sekitarnya. Bahkan, industri pendukung lain juga akan kembali bergerak karena meningkatnya permintaan mobil.

    "Ekonomi di sekitar pabrik, kalangan masyarakat bawah misal warung-warung di sekitar situ akan bergulir lagi semuanya, ekonomi akan berjalan lagi. Multiplier effect-nya kemudian supplier lokal dari pabrikan kendaraan bermotor juga bergerak lagi ada kaca, baja, ban, dan sebagainya," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id