Pengusaha Ingin Ambil Momentum Pertumbuhan Kuartal IV

    Ilham wibowo - 12 Oktober 2020 12:23 WIB
    Pengusaha Ingin Ambil Momentum Pertumbuhan Kuartal IV
    Ekonomi Indonesia. Foto : MI.
    Jakarta: Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi jilid II diharapkan bisa berdampak baik pada sektor perekonomian. Kelonggaran untuk meningkatkan aktivitas usaha di Jakarta akan turut menopang pertumbuhan pada kuartal IV-2020.

    Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi)  DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan bahwa catatan pertumbuhan pada kuartal IV-2020 biasanya mendapat akselerasi momentum perayaan Natal dan Tahun Baru. Diizinkannya aktivitas usaha pun bakal disambut dengan peningkatan konsumsi rumah tangga dan daya beli masyarakat.

    "Sehingga dapat menopang pertumbuhan ekonomi di kuartal IV-2020 ke arah pertumbuhan yang positif, tentu dengan kebijakan yang sudah longgar dan normal," kata Sarman kepada Medcom.id, Senin, 12 Oktober 2020.

    Dalam masa PSBB transisi, kata Sarman, pihaknya berharap agar Pemerintah tidak lengah untuk melakukan pengawasan dan sosialisasi protokol kesehatan. Penindakan secara tegas termasuk melakukan sidak berkala perlu diperluas agar angka penularan bisa makin berkurang.

    "Bagi kami pengusaha, PSBB Transisi ini menjadi pertaruhan agar angka penyebaran covid-19 tidak semakin naik tapi menurun dan terkendali. Kami ingin secara pelan dan pasti pemerintah dapat mengambil kebijakan yang lebih longgar menuju normal dan masyarakat sebagai konsumen tidak ragu dan takut menjalankan berbagai aktivitasnya di luar rumah," paparnya.

    Sementara itu, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan bahwa PSBB transisi akan memperbaiki iklim industri ritel hingga akhir tahun. Karyawan yang sempat dirumahnya pun bisa kembali meningkatkan produktivitas.

    "Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan selama PSBB transisi diharapkan dapat mencapai 50 persen sesuai dengan batas maksimal yang diperkenankan," ujarnya.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id