Jokowi Target PDB RI Capai USD7 Triliun di 2045

    Nia Deviyana - 20 Oktober 2019 18:19 WIB
    Jokowi Target PDB RI Capai USD7 Triliun di 2045
    Presiden Jokowi menargetkan PDB Indonesia bisa mencapai USD7 triliun pada tahun 2045. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menargetkan capaian Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2045 mencapai USD7 triliun atau Rp99.000 triliun (asumsi kurs Rp14.500 per USD). Di tahun tersebut, Indonesia sudah masuk dalam lima besar ekonomi dunia dengan tingkat kemiskinan mendekati nol persen. 

    "Kita harus menuju ke sana. Kita sudah hitung, sudah kalkulasi. Target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai," ujar Jokowi saat membacakan pidato pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR, Minggu, 20 Oktober 2019.

    Di tahun itu juga, lanjut Jokowi, Indonesia bisa keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah atau middle income trap. Berdasarkan kalkulasinya, pendapatan masyarakat Indonesia sudah mencapai Rp320 juta per kapita per tahun atau Rp27 juta per kapita per bulan. 

    Jokowi sadar mewujudkan potensi tersebut bukan perkara mudah. Perlu kerja keras, kerja cepat, dan produktif untuk mencapainya. Apalagi, lanjutnya, dunia semakin dinamis dan kompetitif. Sehingga, perlu gebrakan baru yang inovatif. 

    "Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas yang monoton. Harusnya inovasi bukan hanya pengetahuan, inovasi adalah budaya," pungkasnya.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id