Menkeu Optimistis Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Islam Dunia

    Husen Miftahudin - 04 Oktober 2019 09:41 WIB
    Menkeu Optimistis Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Islam Dunia
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Kementerian Keuangan
    Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meyakini Indonesia bisa menjadi pusat ekonomi Islam dunia. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi besar terhadap perkembangan fesyen dan halal travel.

    Hal ini ia sampaikan saat berbicara di depan para Anggota Dewan Syariah Nasional pada acara Ijtima’ Sanawi (Annual Meeting) dan Semiloka Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) Tahun 2019 di Aston Bogor.

    Pada kesempatan itu, Menkeu menyampaikan data yang dikeluarkan oleh Global Islamic Report 2018-2019. Berdasarkan data tersebut, sektor ekonomi syariah Indonesia mampu bersaing di level global.

    "Sektor-sektor itu adalah halal travel Indonesia yang menduduki peringkat ke-4 dunia, Islamic fashion Indonesia menduduki peringkat ke-2, dan Islamic finance Indonesia di peringkat 10," jelas Sri Mulyani, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, Jumat, 4 Oktober 2019.

    Menurut dia Islamic fesyen dan halal travel berpengaruh pada peningkatan demand (permintaan) di kalangan masyarakat. Ini harus direspons dengan menyediakan supply yang lebih bagus. Sayangnya, ungkap Menkeu, data Global Islamic Report juga menunjukkan Indonesia belum bisa menjadi produsen di industri halal yang memiliki ranking yang cukup kompetitif.

    Halal food, halal media and recreation, dan halal cosmetic Indonesia belum menempati peringkat 10 besar dunia. "Kita melihat hal ini bukan sebagai suatu kekecewaan, namun sebagai suatu kesempatan dan memiliki ruang progress yang sangat besar," pungkasnya.



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id