Ekosistem Keuangan Syariah Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

    Annisa ayu artanti - 26 November 2020 16:59 WIB
    Ekosistem Keuangan Syariah Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto : Medcom.
    Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai ekosistem ekonomi dan keuangan syariah perlu dibangun untuk membantu upaya pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional.

    "Dengan terbangunnya ekosistem yang kondusif, maka akan semakin banyak masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi dan keuangan syariah, upaya pemulihan akan semakin cepat," kata Ma’ruf saat memberikan sambutan pada Webinar Series Indonesia Islamic Festival (IIFEST) 2020, Kamis, 26 November 2020.

    Ma'ruf menuturkan berdasarkan data State of the Global Islamic Economy Report tercatat perlambatan ekonomi Islam Global tidak separah dibandingkan perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia secara keseluruhan.

    Pertumbuhan ekonomi dunia akibat pandemi covid-19 mengalami kontraksi 5,2 persen, sedangkan ekonomi Islam global mengalami kontraksi 2,5 persen.

    "Walaupun tumbuh negatif, saya tetap melihat peluang bahwa permintaan produk halal global masih tetap dapat dimanfaatkan, mengingat ekspor produk halal kita yang masih kecil," ujarnya.

    Adapun, Ma'ruf menyebutkan, salah satu hal utama yang membantu ekonomi Indonesia adalah aktivitas usaha mikro dan kecil (UMK). Dalam kondisi krisis seperti saat ini, sektor UMK menjadi salah satu pendorong utama karena sektor keuangan tidak dapat menjadi akselerator pemulihan ekonomi akibat korporasi mengurangi aktivitas produksi dan investasinya

    “Oleh sebab itu, pengembangan usaha mikro kecil dan juga menengah (UMKM) juga termasuk dalam prioritas pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," ucapnya.

    Ma'ruf juga menekankan pentingnya memperkuat kapasitas pelaku usaha bisnis syariah skala mikro, kecil dan menengah. Terutama dalam melayani kebutuhan dasar masyarakat selama pandemi.

    Penguatan dilakukan antara lain dengan memfasilitasi pelaku usaha mikro dan kecil tersebut agar dapat melanjutkan produksi serta memperluas pangsa pasar dan memasarkan produknya secara efisien.

    “Salah satu inisiatif yang harus diambil adalah mendorong pemanfaatan teknologi digital untuk UMK,” pungkasnya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id