Jangan Lupa, Ini Cara Lapor Pajak Lewat E-filing

    Eko Nordiansyah - 29 Maret 2021 12:07 WIB
    Jangan Lupa, Ini Cara Lapor Pajak Lewat <i>E-filing</i>
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengimbau seluruh wajib pajak untuk segera melaporkan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak 2020. Saat ini DJP sudah memberikan kemudahan bagi wajib pajak yang ingin melaporkan SPT-nya.

    Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor mengatakan, laporan SPT bisa dilakukan secara manual dengan datang ke kantor pajak. Selain itu, bisa juga menggunakan layanan e-filing untuk pelaporan SPT secara online.

     



    "Bagi wajib pajak atau masyarakat, dapat melaporkan SPT dengan cara e-filing, artinya mereka bisa melakukan pelaporan SPT secara elektronik," kata Neilmaldrin di Jakarta, Senin, 29 Maret 2021.

    Untuk bisa melaporkan SPT secara online, wajib pajak harus memiliki Electronic Filing Identification Number (EFIN), yang merupakan nomor identitas diri dari wajib pajak dari DJP. Wajib pajak diharuskan melakukan aktivasi nomor EFIN-nya apabila belum memiliki.

    "Untuk mengaktifkan EFIN bisa melakukan aktivasi EFIN ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat atau mengirim email. Bagi yang lupa EFIN, kami dapat melayani masyarakat di nomor Kring Pajak 1500200 atau bisa melalui akun twitter di Kring Pajak atau melalui live chat di situs resmi DJP," ungkapnya.

    Jika EFIN sudah aktivasi maka langkah selanjutnya adalah mendaftar di akun DJP online dengan memasukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), EFIN, dan kode keamanan sesuai dengan gambar. Setelah itu tinggal klik verifikasi untuk bisa masuk.

    Selanjutnya, wajib pajak perlu mengisi nomor handphone, e-mail, serta membuat password untuk bisa login ke akun DJP online. Nantinya DJP akan mengirim e-mail berupa konfirmasi yang berisi link tautan untuk mengaktifkan akun DJP online.

    Setelah proses pendaftaran ini selesai, wajib pajak baru bisa mengisi laporan SPT Tahunannya menggunakan layanan e-filing. Bagi wajib pajak orang pribadi, Neilmaldrin menambahkan, penyampaian SPT bisa menggunakan form 1770S, 1770 SS, dan 1770.

    "Untuk masyarakat atau wajib pajak yang bisa menggunakan layanan online, kami imbau menggunakan layanan online. Apabila memang masih mau berkunjung ke kantor pajak, dapat dilakukan pelaporan manual atau disampaikan melalui kantor pos," pungkas dia.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id