Kuartal I-2021 Usai, Pertumbuhan Ekonomi Diproyeksi Masih Minus 1%

    Eko Nordiansyah - 31 Maret 2021 17:24 WIB
    Kuartal I-2021 Usai, Pertumbuhan Ekonomi Diproyeksi Masih Minus 1%
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 diprediksi mulai membaik meski masih akan mengalami kontraksi. Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah, memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar minus satu persen.

    "Pertumbuhan ekonomi di kuartal I saya perkirakan masih di kisaran minus 0,1 sampai dengan minus satu persen," kata Piter kepada Medcom.id di Jakarta, Rabu, 31 Maret 2021.






    Ia menambahkan, saat ini tanda-tanda pemulihan ekonomi sudah terlihat. Hal ini didukung oleh membaiknya penjualan ritel, ditambah Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang sebesar 50,9 pada Februari 2021.

    "Indikator penjualan ritel yang membaik, angka PMI yang meningkat diatas 50, menunjukkan hal tersebut. Tapi meskipun ada sinyal pemulihan untuk kuartal I belum cukup untuk mendorong pertumbuhan ekonomi menjadi positif," jelas dia.

    Piter memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia baru akan positif pada kuartal II tahun ini di kisaran 0,5 persen sampai dengan 1,5 persen. Namun hal ini masih akan tergantung pada penanganan pandemi covid-19 oleh pemerintah.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 masih akan mengalami kontraksi sama yaitu antara minus satu persen sampai dengan minus 0,1 persen. Padahal ia berharap ekonomi bisa lebih baik.

    "Kita berharap sebetulnya bisa mencapai zona netral, tapi kita masih mendekati minus 0,1 persen," kata dia dalam Konferensi Pers APBN Kita, belum lama ini.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id