comscore

Kebijakan PPKM akan Diberlakukan di 385 Kabupaten/Kota Luar Jawa Bali

Eko Nordiansyah - 04 Juli 2022 13:21 WIB
Kebijakan PPKM akan Diberlakukan di 385 Kabupaten/Kota Luar Jawa Bali
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: dok Kemenko Perekonomian.
Jakarta: Pemerintah memperpanjang aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa Bali mulai 5 Juli sampai dengan 1 Agustus 2022. Kebijakan ini diambil seiring dengan perkembangan kasus covid-19 yang meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

"Khusus pemberlakuan pembatasan (PPKM) di luar Jawa Bali, ini akan diperpanjang dari 5 Juli sampai 1 Agustus," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam video conference, Senin, 4 Juli 2022.
Ia merinci, kebijakan PPKM ini akan diberlakukan di 385 kabupaten/kota di luar Jawa Bali dengan kategori PPKM level 1. Sedangkan hanya satu wilayah yaitu Sorong, Papua Barat yang ada di PPKM level 2.

Untuk reproduksi efektif (Rt), di luar jawa bali juga diklaim masih terkendali. Saat ini angka Rt di Sumatera masih 1,08, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sulawesi sebesar 1,11, serta Maluku dan Papua sebesar 1,99.

"Kalau dari segi kasus secara nasional 1.914, Jawa Bali masih mewakili mayoritas atau 95 persen yaitu 1.579 kasus, sedangkan luar Jawa Bali 35 kasus atau 4,07 persen," ungkapnya.
 
Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Pemerintah Genjot Vaksinasi Booster


Secara nasional, kasus harian per 3 Juli ada 1.614 kasus. Airlangga menilai, situasi kasus harian di Indonesia tersebut masih di bawah dari positivity rate dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar lima persen.

"Nah kalau kita lihat dari kasus harian tertinggi di luar Jawa Bali ada Kalimantan dan Sumatera Utara masing-masing 77 dan 67," pungkas dia.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id