comscore

Siapkan Skema Denda, Sri Mulyani Awasi Pelanggar Ketentuan DMO Batu Bara

Eko Nordiansyah - 10 Maret 2022 13:25 WIB
Siapkan Skema Denda, Sri Mulyani Awasi Pelanggar Ketentuan DMO Batu Bara
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerbitkan aturan denda dan dana kompensasi bagi perusahaan yang melanggar ketentuan Domestic Market Obligation (DMO) batu bara. Ketentuan ini sebagai upaya mengamankan pasokan batu bara untuk kebutuhan pembangkit listrik dalam negeri.
 
Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 17/PMK.02/2022 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Kebutuhan Mendesak Berupa Denda dan Dana Kompensasi Pemenuhan Kebutuhan Batubara Dalam Negeri pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
 
"Bahwa berdasarkan arahan Presiden Republik Indonesia yang menyatakan agar pemenuhan kebutuhan batu bara dalam negeri harus dipenuhi khususnya untuk kepentingan umum," tulis PMK tersebut, Kamis, 10 Maret 2022.
 
Adapun denda terhadap badan usaha pertambangan diambil dari selisih harga jual ke luar negeri dikurangi harga patokan batu bara untuk penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum. Jumlah itu dikalikan dengan volume penjualan ke luar negeri sebesar kewajiban pemenuhan kebutuhan batu bara dalam negeri yang tidak dipenuhi.
 
Kemudian kompensasi bagi pemenuhan kebutuhan batu bara dalam negeri akan diberikan tarif berdasarkan kualitas batubara dan harga batu bara acuan yang dikalikan dengan selisih volume antara kewajiban pemenuhan kebutuhan batu bara dalam negeri per tahun dikurangi realisasi per tahun.
 
Seluruh Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berupa denda dan dana kompensasi pemenuhan kebutuhan batubara dalam negeri pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral wajib disetorkan ke Kas Negara. Tata cara pengenaan juga sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai PNBP.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id