Defisit Transaksi Berjalan 2019 Setara 2,84% PDB

    Suci Sedya Utami - 10 Februari 2020 11:48 WIB
    Defisit Transaksi Berjalan 2019 Setara 2,84% PDB
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani.
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) merilis defisit neraca transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) pada kuartal IV-2019 sebesar USD8,1 miliar. Angka tersebut setara dengan 2,84 persen dari produk domestik bruto (PDB).

    Defisit neraca transaksi berjalan di kuartal akhir 2019 meningkat dibanding pada kuartal sebelumnya yang sebesar 2,7 persen dari PDB, atau secara nominal sebesar USD7,7 miliar. Namun, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu lebih baik. Di kuartal IV-2018 tercatat sebesar USD9,1 miliar atau 3,57 persen.

    "Defisit neraca transaksi berjalan pada triwulan IV-2019 tetap terkendali, sehingga turut menopang ketahanan sektor eksternal Indonesia," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan resmi, Senin, 10 Februari 2020.

    Onny menjelaskan kenaikan defisit neraca transaksi berjalan karena adanya peningkatan defisit perdagangan migas sebesar USD3,2 miliar dari kuartal sebelumnya yang USD2,1 miliar. Peningkatan defisit migas sejalan dengan meningkatnya impor.

    "Defisit neraca perdagangan migas meningkat sejalan dengan naiknya impor minyak untuk memenuhi tingginya permintaan di akhir tahun," kata Onny.

    Di sisi lain surplus neraca perdagangan nonmigas mengalami peningkatan. Meningkatnya surplus neraca perdagangan nonmigas terutama dipengaruhi oleh penurunan impor nonmigas di tengah kinerja ekspor nonmigas yang belum kuat.

    Lebih lanjut sepanjang 2019 defisit neraca tansaksi berjalan sebesar 2,8 persen dari PDB atau secara nominal sebesar USD30,41 miliar. Posisi ini lebih rendah dari 2018 yang tercatat sebesar 2,9 persen dari PDB atau USD30,63 miliar.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id