Cadangan Devisa Naik ke Posisi USD132,7 Miliar

    Suci Sedya Utami - 07 Februari 2020 10:28 WIB
    Cadangan Devisa Naik ke Posisi USD132,7 Miliar
    Ilustrasi. Foto: dok MI.
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia pada akhir Januari 2020 sebesar USD131,7 miliar. Posisi tersebut meningkat dibandingkan akhir Desember 2019 sebesar USD129,2 miliar.

    Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,8 bulan impor atau 7,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

    "Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor," kata Onny dalam keterangan resmi, Jumat, 7 Februari 2020.

    Otoritas moneter menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal. Selain itu, mampu menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan nasional.
    Peningkatan cadangan devisa pada Januari 2020 terutama didorong oleh penerbitan global bond pemerintah, penerimaan devisa migas, dan penerimaan valas lainnya.

    Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik.

    Sebelumnya Kepala Ahli Ekonomi PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) Ryan Kiryanto berharap kenaikan cadangan devisa dapat memperkuat stabilitas makroekonomi, termasuk nilai tukar rupiah di tengah semakin tingginya tekanan ekonomi eksternal.

    "Lonjakan cadangan devisa tersebut tentunya mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," kata Ryan.

    Ia menambahkan, penerimaan devisa migas harus dioptimalkan melalui pemanfaatan laporan devisa hasil ekspor ke dalam negeri.

    Bank Indonesia bersama pemerintah, ujar dia, juga harus konsisten menjaga posisi cadangan devisa dalam level memadai untuk mendukung stabilitas ekonomi dan sistem keuangan, serta meyakinkan investor bahwa prospek ekonomi Indonesia ke depan tetap baik.

    Ryan mengatakan cadangan devisa yang selalu memadai juga akan mendongkrak kepercayaan pelaku pasar sehingga membantu arah pergerakan nilai tukar yang terus terapresiasi terhadap dolar AS di sepanjang 2020 ini.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id