Sri Mulyani Akui Ketidakpastian Masih Pengaruhi Penyusunan RAPBN 2022

    Eko Nordiansyah - 08 Juni 2021 20:00 WIB
    Sri Mulyani Akui Ketidakpastian Masih Pengaruhi Penyusunan RAPBN 2022
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Antara/ Wahyu Putro



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui faktor ketidakpastian masih memengaruhi penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022. Hal ini dikarenakan kondisi global maupun domestik masih dinamis.

    Meski begitu, Sri Mulyani menyebut pemerintah tetap mencoba memberikan keyakinan untuk perbaikan kondisi perekonomian di tahun depan. Hal ini yang direfleksikan dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2022.

     



    "Kita tetap mencoba untuk memberikan keyakinan atau memberikan sebuah estimasi yang mendekati nanti yang akan terjadi. Nah itu kesulitan yang paling besar," kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021.

    Ia menambahkan variabel yang mempengaruhi penyusunan RAPBN 2022 bukan hanya indikator ekonomi saja melainkan juga masalah kesehatan. Pasalnya, pandemi covid-19 yang melanda sejak tahun lalu diprediksi masih menimbulkan ketidakpastian.

    "Ada variabel masalah kesehatan. Di dalam kesehatan ini ada masalah virusnya dan vaksinasinya, jadi dua-duanya juga memberikan dinamika yang harus kita lihat.  Oleh karena itu kita juga akan tetap sesuai dengan spirit kita karena APBN adalah instrumen yang sangat penting," ungkapnya.

    Selain itu, Sri Mulyani menyebut, faktor global yang bisa berdampak terhadap perekonomian nasional juga tetap perlu menjadi perhatian. Misalnya saja terkait dengan perkembangan harga komoditas dan nilai tukar rupiah yang dipengaruhi faktor global.

    "Pertumbuhan terutama negara-negara yang mempengaruhi global ekonomi yang spillover atau efek rambatan berbagai negara seperti Amerika Serikat, Eropa, Tiongkok dan implikasinya terhadap perekonomian global itu yang mungkin kita harus waspadai," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id