comscore

Airlangga Dorong Pembentukan Kebijakan Mengatur Aset Kripto

M Sholahadhin Azhar - 14 Juli 2021 18:35 WIB
Airlangga Dorong Pembentukan Kebijakan Mengatur Aset Kripto
Ilustrasi: Medcom.id
Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mendorong pembuatan kebijakan terkait kripto. Dia menilai hal tersebut menjadi realita baru yang harus diperhatikan manfaat dan dampaknya.

"Sikap terbuka namun antisipatif sangat perlu bagi semua pihak, termasuk pembuat kebijakan dalam menanggapi kripto. Kita tidak boleh alergi," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Rabu, 14 Juli 2021.
Menurut dia, Golkar terus memantai perkembangan terkait metode perdagangan itu. Airlangga mengatakan kripto ialah kenyataan yang harus dihadapi, sekaligus masa depan yang perlu disongsong.

Baca: 6 Faktor yang Sering Bikin Harga Kripto Terguncang

"Tetapi kita juga harus antisipatif agar bisa mengelola dampaknya," kata dia dalam diskusi Badan Penelitian dan Pengembangan Golkar.

Airlangga meminta legislatif dan pihak terkait melihat kripto dengan komprehensif. Dengan begitu, kebijakan terbaik dalam mengelola kripto bisa ditelurkan.

"Tujuannya untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan dampak negatifnya,” Kata Airlangga.

Menurut dia, kebijakan pemerintah mengategorikan kripto sebagai komoditas dan bukan mata uang, merupakan langkah strategis. Pasalnya, ada upaya menghindari dampak buruk pengelolaan kripto terhadap perekonomian nasional.

Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga mengatakan ada banyak keuntungan dan potensi merugi dalam perdagangan kripto. Alhasil, masyarakat perlu memahami melalui kebijakan terkait.

"Bagi pemerintah, banyak hal yang bisa dikembangkan, tapi tentu pemerintah harus memastikan semua pihak dalam industri kripto mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku. Itulah sebabnya pengambil kebijakan juga perlu punya visi yang sama soal kripto," kata Jerry.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id