Anggaran Kartu Sembako Murah Ditambah Rp4,5 Triliun

    Nur Azizah - 24 Maret 2020 10:37 WIB
    Anggaran Kartu Sembako Murah Ditambah Rp4,5 Triliun
    Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani
    Jakarta: Pemerintah mengalokasikan Rp4,5 triliun untuk program Kartu Sembako Murah (KSM). Nantinya, pemilik KSM akan menerima Rp200.000 dari kuota sebelumnya Rp150.000.

    "Sebentar lagi juga akan kita keluarkan penerima kartu sembako. Selama 6 bulan ke depan akan ditambah Rp50 ribu, jadi diterima Rp200 ribu per keluarga," kata Presiden Joko Widodo saat telekonferensi pengarahan kepada gubernur menghadapi pandemik covid-19 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 24 Maret 2020.

    Pemberian KSM yang lebih besar ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat terdampak covid-19. Di antaranya, nelayan, tukang ojek, sopir, nelayan, dan pedagang kecil. Daerah juga diminta menghitung jumlah masyarakat terdampak dan segera merealokasi anggaran.

    "Sekali lagi, bukan hanya penanganan kesehatan masyarakat, tapi ekonomi lewat bantuan sosial," kata dia.

    Baca: Jokowi Instruksikan Pemda Segera Realokasi Anggaran

    Program KSM merupakan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Kartu Sembako memberikan perlindungan sosial bagi keluarga penerima. Pemilik kartu dapat membeli sembako sesuai kebutuhan.

    Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan turun 0,09 persen akibat penyebaran virus korona atau covid-19. Potensi perlambatan itu seiring terpangkasnya ekonomi Tiongkok sebesar satu persen tahun ini.

    Baca: Pengusaha Butuh Insentif Fiskal dan Nonfiskal Imbas Korona
     
    Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi mengatakan setiap satu persen pertumbuhan ekonomi di Tiongkok akan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia paling kecil sebesar 0,09 persen, dan maksimal 0,1 persen hingga 0,15 persen.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id