DJP Klaim Tak Ada Kendala Sistem E-filing Meski Trafik Tinggi

    Eko Nordiansyah - 31 Maret 2021 10:05 WIB
    DJP Klaim Tak Ada Kendala Sistem <i>E-filing</i> Meski Trafik Tinggi
    Pajak. Foto : MI/Arya.



    Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengklaim tak ada kendala yang signifikan dalam sistem teknologinya. Wajib pajak dinilai tetap bisa melaporkan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak 2020 melalui layanan e-filing.

    Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor mengatakan, kendala-kendala yang dialami pada saat ini masih dalam lingkup yang masih ditangani tim. Ia menyebut, kendala ini disebabkan antrean atau trafik yang tinggi.






    "Sejak dari awal kami senantiasa mengimbau kepada masyarakat wajib pajak untuk melaporkan SPT-nya lebih awal agar terhindar dari padatnya antrean atau tingginya trafik pelaporan pajak secara daring (online)," kata dia kepada Medcom.id di Jakarta, Rabu, 31 Maret 2021.

    Meski begitu, DJP tetap mengimbau kepada wajib pajak untuk memanfaatkan waktu yang ada untuk segera lapor SPT. Bagi wajib pajak orang pribadi, batas akhir pelaporan SPT adalah 31 Maret 2021, sedangkan WP badan berakhir pada 30 April 2021.

    "Yang bisa kami sarankan kepada wajib pajak adalah segera saja untuk menyampaikan SPT Tahunannya, namun dimohon untuk bersabar apabila trafik cukup tinggi di akhir Maret ini," ungkapnya.

    Hingga kemarin, DJP mencatat sudah ada 10,2 juta wajib pajak yang telah melaporkan SPT tahunan pajak 2020. Adapun bagi yang masih belum melaporkan SPT-nya, DJP menyarankan agar para wajib pajak memanfaatkan layanan e-filing secara online.

    "Dengan pelaporan SPT secara daring (online) melalui e-filing, wajib pajak tidak perlu khawatir jam tutup layanan kantor karena sistem kami menyediakannya selama 24 jam penuh," pungkas dia.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id