Ini Kunci Utama Menghadapi Indonesia Emas 2045

    Angga Bratadharma - 04 Mei 2021 10:31 WIB
    Ini Kunci Utama Menghadapi Indonesia Emas 2045
    Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FOTO: Bappenas



    Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengatakan kunci utama untuk menggapai Indonesia emas 2045 terletak pada redesain dari konsep transformasi ekonomi yang dapat mengakomodir tantangan-tantangan perekonomian usai pandemi covid-19 dan peningkatan produktivitas.

    "Maupun nilai tambah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi," kata Suharso, dilansir dari keterangan tertulisnya, Selasa, 4 Mei 2021.






    Hal itu diucapkan Suharso saat menerima wawancara dari VOI. Ia melanjutkan strategi dalam mewujudkan transformasi ekonomi untuk mencapai Indonesia emas 2045 dibagi ke dalam enam strategi besar. Strategi pertama, mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing melalui perbaikan sistem kesehatan, pendidikan, serta peningkatan riset dan inovasi.

    Strategi kedua, meningkatkan produktivitas sektor ekonomi melalui upaya diversifikasi ekonomi yang mencakup di antaranya industrialisasi, peningkatan produktivitas UMKM, serta upaya modernisasi pertanian dalam meningkatkan nilai tambah komoditas.

    Strategi ketiga, implementasi ekonomi hijau dengan menerapkan ekonomi yang rendah karbon, blue economy, serta transisi energi menjadi energi yang berkelanjutan. Strategi keempat, transformasi digital dengan meningkatkan infrastruktur digital secara merata, pemanfaatan digital serta penguatan enabler.

    Strategi kelima, yaitu melakukan integrasi ekonomi domestik melalui peningkatan konektivitas infrastruktur antar daerah serta domestic value chain dalam meningkatkan peran daerah dan nilai tambah ekonomi.

    Strategi keenam, pemindahan Ibu Kota Negara yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru dalam upaya menyeimbangkan ekonomi antar wilayah kawasan barat Indonesia dan kawasan timir Indonesia.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id