JK: Masalah Ekonomi Bisa Sebabkan Masalah Politik

Nia Deviyana - 11 Januari 2019 21:57 wib
Wakil Presiden Jusuf Kalla (MI/PANCA SYURKANI)
Wakil Presiden Jusuf Kalla (MI/PANCA SYURKANI)

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai tahun politik secara tidak langsung akan memberi pengaruh terhadap sistem ekonomi. Namun, hal itu tidak berdampak negatif selama regulator mampu membuat kebijakan yang mendukung keadilan bagi semua pihak.

"Kita akan memulai sesuatu di mana sistem ekonomi dan politik memang saling berpengaruh, tapi tidak dalam hal negatif selama pembuat kebijakan adil. Politik berjalan dengan sistemnya, ekonomi juga berjalan dengan sistemnya sendiri," ujar JK, sapaannya saat menghadiri pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2019 di Hotel Ritz Carlton, Jumat, 11 Januari 2019.

JK menekankan sistem ekonomi penting sebagai pondasi sebuah negara. Dia meyakini kondisi politik tidak akan banyak mengganggu sistem ekonomi karena justru meningkatkan dorongan ekonomi. Saat Pemilihan Umum (Pemilu), misalnya, setiap TPS pasti membutuhkan saksi dan itu memerlukan biaya.

"Taruh lah ada 800 TPS, setiap TPS butuh beberapa saksi, dan setiap saksi dibayar Rp200 ribu. Sudah betapa banyak biaya yang dikeluarkan? Itu artinya politik justru mendorong ekonomi," papar dia.

Sebaliknya, masih kata JK, sistem ekonomi yang kacau bisa mengganggu sistem politik. "Seperti ketidakadilan, pasti menimbulkan masalah politik," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, JK juga menyoroti masalah ekonomi global, salah satunya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Dalam hal ini JK mendorong pembuat kebijakan untuk bisa mengambil peluang dari kondisi tersebut.

"Apabila terjadi perang dagang antara AS dengan Tiongkok, tentu ada celah bagi kita untuk mengambil kesempatan," pungkasnya.


(ABD)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.